6 Film Nominasi Piala Oscar 2017 yang Wajib Tonton

Posted on

Piala Oscar 2017 tinggal menghitung hari. Ajang yang punya nama resmi 89th Academy Awards itu, akan digelar pada 26 Februari 2017 mendatang. Seperti kita ketahui selama ini, film-film yang menjadi nominasi Piala Oscar biasanya menyuguhkan drama yang menggugah yang membuat penonton larut di dalamnya.

Memang selama ini film-film yang meraih Piala Oscar tak selalu spektakuler seperti film blockbuster. Malahan, kebanyakan film yang masuk ke dalam nominasi penghargaan ini kerap membuat penontonnya berpikir keras saat menyaksikan. Film peraih Oscar, memang tidak selalu dibuat untuk menghibur penonton.

Lihat saja selama ini jarang film-film berjenis aksi, horor, dan komedi slapstick masuk ke dalam nominasi Piala Oscar. Kebanyakan selalu mengandung unsur drama, ketegangan, serta biografi. Maka tak heran kalau ada yang menyebut daftar film di nominasi Piala Oscar bukanlah film-film pasar. Sebut saja film-film peraih Best Picture di lima tahun ke belakang: Spotlight, Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance), 12 Years a Slave, Argo, dan The Artist.

Tentu ada beberapa perkecualian film laris yang menjadi nominasi hingga berhasil menyabet Piala Oscar seperti Titanic, Avatar, dan trilogi The Lord of the Rings.

Sementara itu, di tahun ini Piala Oscar 2017 dimeriahkan oleh sejumlah film yang menjadi kandidat pemenang di beberapa kategori sekaligus. Enam film di antaranya, bahkan meraih setidaknya enam nominasi di kategori yang berbeda. Hal ini cukup layak dijadikan parameter untuk menentukan bahwa film-film ini wajib untuk ditonton.

Meskipun beberapa film sudah tak tayang lagi di Indonesia atau hampir berakhir masa tayangnya di bioskop, tak salah rasanya kalau kita menelusuri lebih dekat deretan film nomine Piala Oscar 2017 yang patut untuk disaksikan. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. La La Land

Sudah bukan hal yang asing lagi kalau kita banyak mendengar orang-orang membicarakan La La Land. Film ini meraih 14 nominasi di Piala Oscar 2017. Tak hanya itu, La La Land juga sanggup membius penonton dengan alur cerita yang yang membuat penonton lumer.
Ditambah lagi, La La Land memiliki banyak adegan unik yang diiringi oleh musik-musik dan lagu-lagu yang terngiang-ngiang di dalam benak kita. Contoh saja adegan pembukanya yang memamerkan tarian massal di atas jalan layang yang sedang macet atau adegan di planetarium yang sangat indah.
Untuk Sinopsis LaLa Land << klik saja

2. Arrival

Ketimbang nomine lainnya, Arrival banyak disebut sebagai film yang memiliki alur cerita paling berat. Peraih delapan nominasi Piala Oscar 2017 ini tak hanya menawarkan tema alien dan misterinya yang harus dipecahkan sejumlah ilmuwan. Namun juga menantang penonton untuk berpikir keras terhadap pikiran karakter utamanya yang dimainkan Amy Adams.
Selain jumlah nominasi untuk Oscar 2017, hal lain yang membuat Arrival layak ditonton adalah cara sang sutradara menyampaikan ketegangan dengan cara yang unik. Rentetan misteri yang sudah terlihat sejak awal film juga menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan saking beratnya, film ini bisa menjadi satu pengantar tersendiri di bidang linguistik.
Sinopsis Arrival << Klik saja

3. Moonlight

Meraih delapan nominasi, Moonlight menjadi satu-satunya film nomine Oscar dengan tema paling unik dan jarang diangkat di film-film lain. Sebelumnya jarang ada film yang mengekspos kehidupan LGBT di kalangan kulit hitam. Moonlight dinilai mampu menyampaikan tema tersebut dengan luar biasa.
Tak cuma itu saja, akting para pemainnya pun terlihat mengagumkan. Gambaran perjalanan karakternya yang berliku-liku menjadi nilai lebih bagi film ini.

4. Lion

Drama yang disajikan dalam Lion mampu membuat film ini  memborong enam nominasi. Lion bercerita seputar anak India miskin yang berpisah dengan keluarganya sejak kecil dan diadopsi di sebuah keluarga Australia. Berbekal ingatan yang samar dan bantuan perangkat teknologi, begitu dewasa, ia mencoba mencari kembali kampung tempatnya tinggal. Melalui Lion, sutradara Garth Davis memulai debutnya di sebuah film panjang.
Satu hal yang membuat Lion menarik ditonton adalah motivasi karakter utamanya yang masih ingin mencari keluarganya di India setelah ia sukses di Australia. Bahkan, cara-cara yang dilakukannya untuk bertemu dengan keluarganya lagi pun tergolong sangat unik dan nyaris mustahil.
Untuk Sinopsis Lion << Klik saja

5. Manchester by the Sea

Didapuk untuk berada di enam nominasi, Manchester by the Sea disebut sebagai salah satu film yang mengadirkan kualitas akting menawan hingga memberi efek mengharukan. Banyak pujian terhadap akting Casey Affleck yang dinilai mampu memerankan karakternya secara luar biasa.
Fokus ceritanya sendiri berpusat pada seorang pria yang ditinggalkan saudara kandungnya untuk selama-lamanya. Pria tersebut langsung diperkenalkan oleh anak saudaranya. Hubungan antara seorang paman dan keponakannya menjadi daya tarik tersendiri bagi film ini.
Untuk Sinopsis << Klik saja

6. Hacksaw Ridge

Bagi ukuran sebuah film berjenis perang dan biografi, Hacksaw Ridge sanggup membuat penonton puas sekaligus menyajikan tontonan berkualitas. Film ini berhasil mengumpulkan enam nominasi di Piala Oscar 2017. Maka, tak heran kalau film yang disutradarai Mel Gibson ini terhitung sebagai tontonan wajib.
Di Indonesia sendiri, Hacksaw Ridge sudah tak lagi tayang. Namun masih bisa disaksikan melalui video rumahan dalam waktu dekat. Di luar akting Andrew Garfield yang mumpuni, film ini berhasil menimbulkan ketegangan, keriuhan, dan juga perasaan terharu di medan perang.
Sinopsis Hacksaw Ridge << Klik saja
Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa share dan komentar di bawah ya, Terima kasih.
Sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *