Ada Apa dengan Cinta? AADC (2002)

Posted on

Ada Apa dengan Cinta? adalah sebuah film romantis Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang dirilis pertama kali pada tanggal 7 Februari 2002 dan dibintangi Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo. Film ini dirilis menyusul film berjudul Petualangan Sherina yang booming terlebih dahulu. Lagu tema Ada Apa dengan Cinta? yang dinyanyikan oleh Melly Goeslaw dan Eric menjadi hits, dan pengambilan gambar dilakukan di beberapa lokasi di kecamatan Gambir, kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat dan Kecamatan Kebon Jeruk.

Film ini meraih sukses besar di Indonesia dan bersama film Petualangan Sherina (2000) menandai kebangkitan kembali dunia perfilman Indonesia.[butuh rujukan] Ada Apa dengan Cinta? ditayangkan di berbagai negara termasuk Malaysia, Brunei, Filipina dan Singapura.

Sinopsis

Cinta (Dian Sastrowardoyo) adalah seorang gadis remaja populer hidup gaya hidup yang nyaman. Dia berbakat dan berprestasi, dikelilingi oleh sekelompok teman-teman yang setia yang terdiri dari Alya bijak (Ladya Cheryll) yang tomboy Karmen (Adinia Wirasti), yang lancang Maura (Titi Kamal), dan ditzy Milly (Sissy Priscillia). Dia juga memiliki orang tua yang peduli dan mendukung. Cerita dimulai dengan Cinta dan empat sahabatnya menangis di bahu masing-masing untuk Alya, yang merupakan korban kekerasan dalam rumah tangga oleh ayahnya. Cinta membacakan janji kelompok ke curhat buku, buku harian atau lembar memo bersama dengan gadis-gadis, bahwa masalah salah satunya adalah melalui adalah untuk dibagikan dengan mereka semua.
Cinta adalah seorang penyair sekolah yang telah dihormati untuk karyanya, dan, di tahun terakhir sekolah tinggi, ia menyerahkan sebuah puisi yang indah untuk kontes puisi tahunan. Namun, banyak kejutan siswa, Cinta tidak menang. Grand prize dalam kontes diberikan kepada seorang anak bernama Rangga (Nicholas Saputra), yang namanya jarang terdengar dari dalam sekolah. Namun, Rangga, daripada pergi ke podium untuk menerima hadiahnya, tersinggung dan mundur ke tempat persembunyian. Cinta agak cemburu kemenangan tak terduga Rangga, tapi berhati-hati untuk tidak menunjukkannya. Hal ini menyebabkan Cinta untuk mencari Rangga dan meminta wawancara untuk buletin sekolah. Namun, Rangga segera mendeteksi kecurangan dalam ucapan selamat Cinta dan berjalan pergi, meninggalkan Cinta menjadi jengkel oleh kesombongannya dirasakan. Ternyata, Rangga pernah masuk puisinya untuk kontes; itu disampaikan atas namanya oleh hanya sahabatnya, petugas kebersihan sekolah Pak Wardiman (Mang Diman).
Cinta dan Rangga mulai tidak menyukai satu sama lain sejak itu, dan begitu juga teman-temannya. Mereka sebentar pemanasan sama lain setelah Rangga terima Cinta untuk mengembalikan bukunya. Itu tidak berlangsung lama karena Rangga menyinggung Cinta di toko buku. Ketika Rangga mencoba untuk meminta maaf kepada Cinta hari berikutnya, ia dipukuli oleh ditanggung (Febian Ricardo), seorang pria yang telah berusaha untuk memasuki suatu hubungan dengan Cinta. Mereka mulai menjadi teman-teman ketika Cinta mengunjungi Rangga ke rumahnya, di mana ia menemukan bahwa Rangga tinggal di lingkungan kelas menengah bawah dengan ayahnya Yusrizal, yang terus terang telah menyebabkan ancaman bom dari preman pro-pemerintah. Selain itu, orang tuanya bercerai karena bercerai ayahnya dari kantor pemerintah untuk mengekspos korupsi pemerintah. Alya, yang secara teratur memberitahu Cinta masalah rumahnya rusak, adalah satu-satunya Cinta diberitahu bahwa dia memiliki kedekatan pemula dengan Rangga.
Persahabatan rahasia menyebabkan perubahan perilaku Cinta, mengakibatkan masalah dengan kelompok Cinta untuk teman-teman gadis. Dia mulai teratur berbohong kepada teman-temannya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan Rangga. Masalahnya mencapai klimaksnya ketika Cinta mengabaikan permintaan putus asa Alya untuk berbicara dengan dia karena dia sedang terjadi kencan dengan Rangga. Ketika dia pulang, dia diberitahu bahwa Alya di rumah sakit karena dia mencoba bunuh diri. Di rumah sakit, teman-teman menyadari bahwa dia telah berbohong selama ini, berusaha persahabatan mereka. Berpikir itu semua salahnya, Cinta kemudian menutup Rangga keluar, menyakitinya. Ketika Alya sembuh, ia mendiskusikan Rangga dengan Cinta, di mana Karmen, Maura, dan Milly sengaja mendengar dan akhirnya menemukan hubungan sebelumnya pemula antara Cinta dan Rangga. Cinta meminta maaf kepada mereka dan Maura memberikan saran untuk melupakan Rangga.
Cinta melakukannya, dan dia melanjutkan hidupnya. Sementara itu, Karmen melihat Rangga memberikan Pak Wardiman pelukan selamat tinggal. Menyadari bahwa Cinta ternyata tenang dan tidak komunikatif, teman-temannya menyadari kesalahan cara mereka dan Cinta mengaku bahwa ia jatuh cinta dengan Rangga, tapi tidak siap untuk mengakuinya. Karmen mengatakan padanya bahwa ia tidak punya banyak waktu karena dia melihat Rangga kiri. Pak Wardiman mengatakan gadis-gadis yang Rangga sedang menuju ke bandara. Terburu-buru, mereka memaksa teman sekolah kutu buku mereka Mamet (Dennis Adhiswara), yang mereka mengejek sepanjang film, untuk meminjamkan mobilnya ke bandara. Cinta berhasil menangkap Rangga, saat ia dan ayahnya pindah ke New York City. Mereka menyatakan cinta mereka satu sama lain dan berbagi ciuman, tapi Rangga harus pergi, meninggalkan Cinta patah hati. Sebelum berangkat, Rangga memberikan Cinta buku dan memberitahu dia untuk membaca halaman terakhir. Mereka menawar sama lain satu perpisahan terakhir, dan ia papan pesawat.
Pada mobil, Cinta membaca halaman terakhir, yang berisi sebuah puisi Rangga menulis tentang dia. Baris terakhir mengatakan bahwa ia akan kembali sebelum bulan purnama. Tiba-tiba, gadis-gadis panik ketika mereka menyadari bahwa mereka telah meninggalkan Mamet di bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *