Daftar Urutan Kualitas Film Dari Terendah Hingga Tertinggi

Posted on


Sinopsis Indonesia – Bagi kamu pecinta dunia film pastinya nggak asing lagi sama yang namanya Bluray, CAM, TS? Tapi tahu nggak maksud dari kata2 tersebut? Nah admin disini akan menjelaskan sedikit tentang kualitas-kualitas film sesuai urutan dari mulai yang terendah atau terburuk sampai ke yang tertinggi atau terbaik.

Jadi jangan kebanyakan basa-basi langsung saja gan ini dia Maksud dari Kualitas Film yang sangat familiar.

  • CAM : Kualitas ini bisa dikatakan kualitas terburuk dari film sharing. Kualitas ini merupakan hasil dari rekaman camera digital yang diambil langsung di bioskop sehingga kadang penonton yang lalu lalang ikut terekam. Rekaman kualitas ini biasanya menggunakan mini tripod sehingga sering terdapat sedikit goncangan.  Selain CAM terdapat pula kualitas HDCAM yang merupakan kualitas CAM dengan resolusi yang lebih baik / tinggi.
  • TS (Telesync) : kualitas ini sedikit lebih bagus dari CAM. Selain itu sering terdapat kualitas HDTS yang merupakan peningkatan kualitas TS dengan resolusi yang lebih baik / tinggi.
  • R6 atau WEBRip : Sama halnya DVDScr kualitas inipun masih masuk dalam kualitas merah. Untuk R6 biasanya terdapat hardsub yang cukup mengganggu ketika ditonton.
  • DVDScr : Kualitas ini masuk dalam kategori kualitas merah atau kurang bagus.
  • DVDRip : Kualitas ini merupakan salinan dari DVD Original. Kualitas gambar dan suaranya juga cukup bagus meski jauh dari kualitas BRRip namun ukurannya jauh lebih kecil.
  • PPV : adalah singkatan Pay Per View. Kualitas ini cukup bagus, dihasilkan dari sumber sebuah screen televisi yang  dihubungkan atau direkamkan ke PVR atau DVD recorder.
  • HDRip dan HDTV : Kedua kualitas ini sudah sangat layak untuk ditonton. Kualitas gambar dan suaranya pun cukup bagus dan ukurannya tidak terlalu besar. HDRip biasanya digunakan pada film sedangkan HDTV sering digunakan dalam TV seri / show.
  • WEB-DL : Kualitas ini sedikit di bawah kualitas BRRip atau bisa dikatakan setara. Biasanya kualitas WEB-DL akan muncul sebelum kualitas BRRip muncul. Source Web-DL biasanya diunduh dari iTunes Store atau situs lainnya yang menyediakan siaran TV melalui jaringan internet. Resolusi yang ada biasanya 720p dan 1080p.
  • BRRip / Bluray : BRRip merupakan istilah lain dari Bluray karena hasil rip dari bluray sehingga kualitasnya pun sama. BRRip merupakan kualitas tertinggi jenis film sharing saat ini. Resolusi yang tersedia untuk BRRip biasanya 720p dan 1080p. Semakin tinggi resolusinya maka semakin jernih kualitas gambarnya. Namun makin tinggi resolusi maka diperlukan spesifikasi komputer yang tinggi juga, jika tidak maka akan terjadi lag atau patah-patah saat film dimainkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *