Insane (2016)

Posted on

‘Insane’ atau judul lainnya ‘Come to see Me’ adalah film karya sutarada Lee Chul Ha dengan mengusung genre misteri thriller, Lee Chul Ha terkenal dengan filmnya Love Me Not (2008) dan The Haunted House Project (2010).

Aku rasa film thriller masih menjadi primadona untuk industri perfilman Korea, Insane pernah mencapai puncak Box Office ketika penayanagnannya April 2016 lalu, artinya genre ini tetap tidak kehilangan pesonannya dan dinanti para penggemarnya.

Awal cerita di suatu siang hari di tengah pusat kota, Kang Soo-A (diperankan Gang Ye Won) dibawa paksa oleh orang tak dikenal kesebuah rumah sakit psikiatri. Tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, ia pun dikurung. Bukan itu saja, ia juga disuntikkan obat dan mengalami berbagai macam kekerasan. Soo-A pun mulai mengingat dan menuliskan secara rinci semua kejadian mengerikan yang ia alami di sebuah notebook miliknya. Satu tahun kemudian, notebook yang berisikan cerita Soo-A itu disampaikan ke Na Nam-soo (diperankan Lee Sang Yoon), dia bekerja sebagai PD untuk sebuah stasiun penyiaran. Nam-soo membaca notebook dan merasa ngeri dengan apa yang terjadi. Untuk mengungkap kebenaran, Nam-soo mencari Soo-A. namun yang terjadi, justru Soo-A sekarang di penjara sebagai tersangka pembunuhan, akhirnya Nam Soo bersama crew program acara tersebut mulai melakukan penyelidikan dan investigasi untuk mencari tahu dan mengungkapkan kebenaran, misteri apakah yang sebenarnya terjadi?

Filmnya terasa cukup intens, dari sebuah notebook penonton akan diajak menguak dan menguraikan satu persatu untaian jalinana misterinya, tensinya cukup terjaga dari awal hingga akhir, Lee Chul Ha disini berhasil  mempermainkan emosi penonton, penonton akan diajak menebak-nebak rahasia apa yang sebenarnya terjadi, aku rasa akting Gang Ye Won cukup memukau dan bikin miris hati yang lihat atas adegan-adegan kekejaman yang tidak manuasiawi yang ditampilkan. Meskipun pada perjalanannya ditemukan plot hole meski gak fatal sebenarnya di salah satu part namun film ini berhasil menggiring penonton menemui twist ending yang mencengankan, tidak tertebak dan cukup cerdas aku rasa.

Film yang mampu menjalankan amanahnya dengan baik sebagai film thriller yang menegangkan, menyinggung tentang kode etik medis beserta unsur kemanusiaan yang terkandung didalamnya, film ini juga pesan moralnya nyampe, premis beserta twist endingnya sangat suka, aku rasa film ini sangat mempu bersaing untuk menghibur penonton di dalam begitu banyaknya film thriller korea kala ini yang bermunculan.

Trailer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *