La La Land (2016)

Posted on

La La Land adalah film drama komedi musikal romansa Amerika Serikat tahun 2016 yang ditulis dan disutradarai Damien Chazelle dan dibintangi Ryan Gosling, Emma Stone, John Legend, dan Rosemarie DeWitt. Film ini berkisah tentang seorang musisi dan calon aktris yang bertemu dan jatuh cinta di Los Angeles. Judulnya mengacu pada singkatan nama kota Los Angeles dan ungkapan yang berarti dunia impian. La La Land tayang perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 31 Agustus 2016 dan dirilis di Amerika Serikat tanggal 9 Desember 2016 oleh Summit Entertainment.
Film ini mendapat banyak pujian dengan pendapatan $90 juta di seluruh dunia. American Film Institute memasukkan film ini ke daftar sepuluh film terbaik tahun 2016. National Board of Review juga memasukkan film ini ke daftar sepuluh film studio terbaik tahun 2016. Film ini juga memenangi Critics’ Choice Movie Award for Best Picture dan tujuh Golden Globe: Film Terbaik – Musikal atau Komedi, Sutradara Terbaik, Aktor Terbaik untuk Gosling, Aktris Terbaik untuk Stone, Skenario Terbaik, Musik Orisinal Terbaik, dan Lagu Orisinal Terbaik (“City of Stars”).

Alur

Di sebuah jalan tol Los Angeles yang macet (“Another Day of Sun”), Mia (Emma Stone), seorang barista studio yang berambisi menjadi aktris, berlatih untuk audisi yang hendak diikutinya. Ia lupa dengan lalu lintas di depannya sehingga terlibat perseteruan dengan Sebastian (Ryan Gosling), seorang pianis jazz. Audisinya gagal untuk kesekian kalinya. Pada saat yang sama, Sebastian kesulitan membayar tagihan rumahnya sehingga terlibat perselisihan dengan adiknya, Laura (Rosemarie DeWitt), sebelum berangkat ke restoran untuk bermain piano. Malam itu, tiga teman serumah Mia berusaha membuat Mia ceria dengan mengundangnya ke sebuah pesta mewah di Hollywood Hills (“Someone in the Crowd”). Karena mobil Mia diderek, ia terpaksa pulang berjalan kaki ke apartemennya.
Pemilik restoran, Bill (J. K. Simmons), meminta Sebastian untuk tidak bermain musik jazz. Saat memainkan lagu-lagu Natal sederhana, ia berimprovisasi dan musiknya terdengar oleh Mia ketika sedang melewati restoran tersebut (“Mia & Sebastian’s Theme”). Karena suka dengan bakatnya, ia ingin melihat Sebastian bermain piano, tetapi Sebastian dipecat karena tidak mengindahkan keinginan pemilik restoran. Mia ingin memujinya, tetapi Sebastian telanjur kesal dan mengabaikannya.
Beberapa bulan kemudian, Mia melihat Sebastian lagi di sebuah pesta. Sebastian sekarang menjadi pemain kibor untuk band pop 1980-an. Ia iseng meminta band tersebut memainkan lagu “I Ran (So Far Away)” oleh A Flock of Seagulls. Setelah itu, keduanya jalan berdua mencari mobilnya masing-masing. Mereka tidak suka bertemu satu sama lain, walaupun ada ketertarikan di antara mereka (“A Lovely Night”).
Sebastian membawanya ke sebuah klub jazz dan menjelaskan kecintaannya terhadap jazz serta impiannya untuk membuka klub sendiri. Ia juga menyuruh Mia untuk terus mengejar impiannya menjadi aktris. Mereka mulai bersahabat (“City of Stars”). Sebastian mengajaknya nonton Rebel Without a Cause di bioskop. Saat bersiap-siap nonton bersama Sebastian, Greg (Finn Wittrock), kekasihnya, tiba-tiba muncul dengan rencana makan malam. Mia mau tidak mau makan malam bersmaa Greg dan adiknya. Ia merasa tidak cocok di antara mereka dan buru-buru pergi ke bioskop. Ia bertemu Sebastian ketika filmnya dimulai. Mereka hendak berciuman, tetapi tidak jadi karena filmnya gagal diputar. Mia dan Sebastian mengakhiri kencan mereka di Griffith Observatory dan menari bersama (“Planetarium”).
Setelah beberapa kali gagal audisi, Mia memutuskan menulis drama monolog pribadi berjudul So Long, Boulder City atas saran Sebastian. Sebastian menjadi pemain rutin di klub jazz dan keduanya mulai menetap serumah. Sebastian bertemu teman SMA-nya, Keith (John Legend), yang menawarkannya untuk menjadi pemain kibor di band jazz miliknya, The Messengers, dengan upah tetap. Sebastian menerima tawaran tersebut, tetapi kecewa setelah mendengar musik-musiknya yang dipengaruhi pop. Mia mendatangi salah satu konser mereka dan merasa tidak puas karena ia tahu Sebastian tidak suka bermain musik seperti itu (“Start a Fire”). Saat band tersebut melakukan tur pertama, Mia menanyakan Sebastian soal keterlibatannya. Sebastian mengaku bahwa ia mengira inilah yang diinginkan Mia darinya. Ia kemudian mengkritik Mia karena hanya menyukainya ketika sukses. Karena merasa dihina, Mia pergi.
Pada malam pembukaan drama Mia, Sebastian tidak datang karena baru ingat harus mengikuti pengambilan foto band. Penonton dramanya tidak banyak dan Mia mendengar komentar negatif dari mereka di belakang panggung. Dengan perasaan sedih, Mia meninggalkan Los Angeles dan tinggal bersama orang tuanya di Boulder City, Nevada. Sebastian ditelepon oleh seorang pengarah casting yang datang ke drama Mia. Ia mengundang Mia untuk mengikuti audisi film keesokan paginya. Sebastian pergi ke Boulder City dan membujuk Mia agar ikut audisi di Hollywood. Tidak seperti audisi-audisi sebelumnya, Mia diminta untuk mengarang sebuah cerita. Ia mulai berbicara dan bernyanyi tentang bibinya yang hidup di Paris, latar film tersebut, dan menginspirasinya untuk menjadi seorang aktris (“Audition (The Fools Who Dream)”). Karena tahu Mia pasti lolos audisi, Sebastian menyuruhnya untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. Karena tahu bahwa impiannya masing-masing akan memisahkan mereka, Mia dan Sebsatian berjani akan selalu mencintai satu sama lain.
Lima tahun kemudian, Mia sudah menjadi aktris terkenal, menikah dengan lelaki lain (Tom Everett Scott), dan memiliki seorang putri. Suatu malam, suaminya melihat sebuah klub jazz setelah pergi makan malam bersama. Mia melihat logo “Seb’s” yang ia rancang dan menyadari bahwa klub tersebut milik Sebastian. Setelah memperkenalkan beberapa anggota band di klub jazz-nya, Sebastian melihat Mia diantara para pengunjung. Ia mulai memainkan “Mia & Sebastian’s Theme”. Mia membayangkan kehidupan yang bisa dinikmatinya bersama Sebastian setelah bertemu di restoran Bill (“Epilogue”), kehidupan yang “seharusnya terjadi”. Seusai lagu tersebut, Mia dan suaminya pulang. Sebelum keluar, Mia dan Sebastian saling bertatap muka dan tersenyum senang menyadari impian yang telah mereka wujudkan.

Pemeran

  • Ryan Gosling sebagai Sebastian Wilder
  • Emma Stone sebagai Mia Dolan
  • John Legend sebagai Keith
  • Rosemarie DeWitt sebagai Laura Wilder
  • Jessica Rothe sebagai Alexis
  • Sonoya Mizuno sebagai Caitlin
  • Callie Hernandez sebagai Tracy
  • J. K. Simmons sebagai Bill
  • Finn Wittrock sebagai Greg Earnest
  • Tom Everett Scott sebagai David
  • Meagen Fay sebagai ibu Mia
  • Damon Gupton sebagai Harry
  • Jason Fuchs sebagai Carlo
  • Josh Pence sebagai Josh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *