Noroi: The Curse (2005)

Posted on

Informasi

Sutradara: Kôji Shiraishi
Produser: Takashige Ichise
Pemeran :  Jin Muraki (Masafumi Kobayashi)
                  Marika Matsumoto (Marika)
                  Rio Kanno (Kana Yano)
                  Tomono Kuga (Junko Ishii)
                  Maria Takagi (Maria)    
Penyunting: Nobuyuki Takahashi
Distributor: Cathay-Keris Films
                    PMP Entertainment
                    Universe Laser & Video Co. Ltd.
Tanggal Rilis: 20 Agustus 2005
Durasi: 115 menit
Negara: Jepang
Bahasa: Jepang

Sinopsis

Noroi ini adalah film mockumentary pertama yang pernah ane saksikan. Saking gak taunya sama mockumentary, ane sampai bertanya-tanya, nih film emang beneran kisah nyata ya? Ini emang dokumenter asli ya? Dengan bermodal rasa penasaran itu, ane tanya deh sama Mbah Google, akhirnya ane menemukan artikelnya, katanya Noroi ini merupakan film mockumentary. Apa tuh mockumentary? Tanya Mbah Google lagi, ketemu deh sama arti mockumentary. Jadi, film mockumentary itu adalah film dokumenter yang fiksi atau film dengan gaya dokumenter, sehingga Noroi bisa dikatakan sebagai film fiksi dengan gaya dokumenter juga. Inilah sekilas tentang mockumentary, lanjut dengan sedikit berkisah tentang isi film Noroi, yuk check it out!
Film ini berisi video dokumenter hasil penelitian seorang wartawan bernama Masafumi Kobayashi. Ia sangat tertarik dengan sebuah fenomena supranatural. Penelitiannya bermula dengan seorang wanita bernama Ryoko yang mengeluhkan suara bayi yang cukup mengganggu dari rumah tetangganya, padahal tetangganya tersebut tidak memiliki bayi. Kobayashi mendatangi rumah tetangganya tersebut, ia seorang wanita berumur sekitar 40 tahun, namanya Junko Ishii. Ketika Kobayashi mendatangi rumah tersebut, sayang sekali Junko membuka pintu dan menyambutnya dengan teriakan-teriakan marahnya, kemudian segera menutup pintunya kembali sehingga Kobayashi tidak bisa menanyai Junko. Kobayashipun harus pergi meninggalkan rumah Junko.
Dalam video rekaman ketika Kobayashi berada di rumah Junko, setelah diamati ternyata dari video tersebut terdengar suara aneh yang seperti suara bayi. Beberapa hari kemudian, Kobayashi bermaksud menemui Junko lagi, sebelumnya ia menemui Ryoko terlebih dahulu, Ryoko mengatakan bahwa Junko sudah pindah rumah beberapa hari yang lalu. Tentang suara bayi, Ryoko mengaku tidak mendengarnya lagi setelah Junko pindah.
Lima hari kemudian setelah kunjungan Kobayashi, Ryoko dan anaknya meninggal dalam kecelakaan mobil. Kematiannya terasa aneh karena terjadi setelah ia terlibat dalam penelitian Kobayashi.
Cerita beralih ke cuplikan beberapa program TV, yang pertama adalah percobaan yang dilakukan oleh seorang psikis terhadap beberapa anak. Kana, seorang anak yang selalu berhasil dalam percobaan tersebut. Namun, setelah itu ia sakit dan membuat orangtuanya khawatir, mereka menganggap program TV tersebut terlalu memaksakan anak-anak.
Program TV selanjutnya adalah variety show yang menghadirkan Marika dan Mitsuo Hori. Marika memiliki indera keenam, ia dapat merasakan kehadiran makhluk gaib. Sebelumnya, ia dan dua orang lelaki pergi ke kuil dan di sanalah Marika kerasukan. Hori adalah seseorang yang memiliki kekuatan psikis yang unik.
Masalah mulai muncul dengan Kana yang menghilang dan Marika yang sering kerasukan. Kobayashi meminta bantuan Hori dalam penelitiannya. Hori selalu memberikan petunjuk yang tidak jelas sehingga Kobayashi harus mencari tahu sendiri apa yang dimaksud oleh Hori. Kobayashi tidak menyerah dan terus melakukan penelitian dengan petunjuk-petunjuk yang ia peroleh dari Hori.
Beberapa bagian dari film yang awalnya tampak tak berhubungan satu sama lain, pada waktu mendekati menit ke-60 bagian-bagian tersebut akan nampak saling berkaitan, petunjuk demi petunjuk telah didapatkan oleh Kobayashi, korban yang meninggal juga semakin banyak. Rasa penasaran penonton yang sedikit demi sedikit diciptakan di awal film mulai memuncak seiring dengan banyaknya temuan-temuan Kobayashi. Rasa penasaran ini mampu bertahan hingga di akhir film.
Keseluruhan, menurut ane film ini sangat membosankan di awal. Namun, kebosanan itu berangsur-angsur berubah menjadi rasa tertarik dan penasaran yang kian lama kian memuncak. Kobayashi terus-terusan mengajak untuk mengikuti penelitiannya dan memecahkan misteri yang ditelitinya.

Trailer


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *