Pan’s Labyrinth (2006)

Posted on

Pan’s Labyrinth (bahasa Spanyol: El laberinto del fauno, “Labirin Faun”) adalah sebuah film fantasi kegelapan Meksiko-Spanyol tahun 2006 yang ditulis dan disutradarai oleh Guillermo del Toro. Pan’s Labyrinth diproduksi dan didistribusi oleh Esperanto Films.

Cerita dalam Pan’s Labyrinth mengambil latar di Spanyol pada Mei–Juni 1944, 5 tahun setelah Perang Saudara Spanyol, pada masa-masa awal era Franco. Narasi dalam film mencampur antara dunia nyata dengan sebuah dunia gaib yang berpusat di sekitar sebuah labirin tua yang telah ditinggalkan dan seekor makhluk faun yang misterius yang bertemu dengan tokoh utama, Ofelia. Ayah tiri Ofelia, seorang Falangis, Kapten Vidal, memburu kaum Maquis Spanyol yang melawan rezim Franco di daerah tersebut sementara ibu Ofelia yang sedang hamil mengalami penyakit yang tak kunjung sembung. Ofelia bertemu beberapa makhluk aneh dan ajaib yang menjadi pusat dari ceritanya, menuntunnya menuju labirin tua. Pan’s Labyrinth menampilkan efek tata rias, Animatronika, dan CGI untuk menghidupkan makhluk-makhluk tersebut.

Del Toro menyebutkan bahwa ia menilai cerita tersebut merupakan perumpamaan yang dipengaruhi dongeng dan bahwa Pan’s Labyrinth menyampaikan dan melanjutkan tema-tema yang terkait dengan film karayanya sebelumnya, The Devil’s Backbone (2001), yang mana Pan’s Labyrinth menjadi penerus spiritualnya, menurut del Toro dalam komentar audio sutradaranya dalam DVD. Judul asli bahasa Spanyolnya menyebutkan faun dari mitologi Romawi, sementara judul bahasa Inggris, Jerman, dan Perancisnya menyebutkan makhluk mitologi Yunani seperti faun, Pan. Namun, del Toro menyebutkan bahwa faun di dalam Pan’s Labyrinth bukanlah Pan.
Pan’s Labyrinth diputar perdana pada Festival Film Cannes 2006. Film ini kemudian dirilis di Britania Raya pada 24 November 2006. Di Amerika Serikat dan Kanada, Pan’s Labyrinth dirilis secara terbatas pada 29 Desember 2006, dengan dirilis luas pada 19 Januari 2007. Pan’s Labyrinth memenangkan sejumlah anugerah internasional, termasuk 3 Academy Awards, 3 BAFTA Award (termasuk Film Non-Bahasa Inggris Terbaik, Ariel Award for Best Picture, Saturn Awards untuk Film Internasional Terbaik dan Best Performance by a Younger Actor untuk Ivana Baquero dan Hugo Award for Best Dramatic Presentation, Long Form 2007.

Pemeran

  • Ivana Baquero sebagai Ofelia / Putri Moanna.
  • Sergi López sebagai Kapten Vidal.
  • Maribel Verdú sebagai Mercedes, pembantu Vidal.
  • Doug Jones sebagai Faun dan Pria Pucat (Pale Man).
  • Ariadna Gil sebagai Carmen / Ratu Underworld, ibu Ofelia dan istri Vidal.
  • Álex Angulo sebagai Dokter Ferreiro.
  • Manolo Solo sebagai Garcés.
  • César Vea sebagai Serrano.
  • Roger Casamajor sebagai Pedro, saudara laki-laki Mercedes.
  • Federico Luppi sebagai Raja Underworld, ayah Ofelia.
  • Pablo Adán sebagai Narator / pengisi suara Faun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *