Star Wars: Episode VII – The Force Awakens (2015)

Posted on

Star Wars: The Force Awakens adalah sebuah film opera luar angkasa Amerika Serikat yang disutradarai oleh J. J. Abrams. Film ini merupakan yang ketujuh dari serial film Star Wars dan dibintangi oleh Harrison Ford, Mark Hamill, Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong’o, Andy Serkis, Domhnall Gleeson, Anthony Daniels, Peter Mayhew, dan Max von Sydow. Kisah cerita film ini terjadi sekitar 30 tahun setelah peristiwa di dalam film Return of the Jedi (1983).

The Force Awakens merupakan film pertama dari trilogi sekuel Star Wars yang diumumkan setelah The Walt Disney Company mengakuisisi Lucasfilm pada Oktober 2012. Film ini diproduksi oleh presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy, Abrams, dan rekannya Bryan Burk. Abrams menulis skenario film ini bersama Lawrence Kasdan, penulis kedua film trilogi original The Empire Strikes Back dan Return of the Jedi. Abrams dan Kasdan menulis ulang naskah awal yang ditulis oleh Michael Arndt. John Williams, komposer dari enam film sebelumnya, kembali mengarang musik untuk film ini. Pencipta Star Wars George Lucas bertindak sebagai konsultan kreatif selama tahap produksi awal film. The Force Awakens diproduksi oleh Lucasfilm dan Bad Robot Productions milik Abrams serta akan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Syuting film dimulai pada April 2014 di Abu Dhabi dan Islandia, dengan pengambilan gambar yang juga mengambil tempat di Irlandia dan Pinewood Studios di Inggris.

The Force Awakens melakukan premiernya di Los Angeles pada 14 Desember 2015, dan dijadwalkan untuk rilis pada 18 Desember 2015 dalam format 2D, 3D, dan IMAX 3D, lebih dari 10 tahun setelah perilisan film terakhir franchise ini, Star Wars Episode III: Revenge of the Sith (2005). Film ini mendapatkan pujian daripara kritikus yang memadankannya dengan trilogi original, dengan pujian ditujukan pada adegan laga, karakter dan alur cerita. Disney mendukung film ini dengan kampanye pemasaran secara luas, dan film ini pun diprediksi memecahkan rekor box office dengan perkiraan keuntungan lebih dari $1 milyar. Dua sekuel, Episode VIII dan Episode IX, dijadwalkan dirilis masing-masing pada 26 Mei 2017 dan 2019.

Sinopsis

Sekitar 30 tahun setelah Death Star Ke-dua telah hancur, Luke Skywalker, Seorang Jedi yang terakhir, telah menghilang. First Order bangkit setelah jatuhnya kekuasaan Galactic Empire dan berusaha untuk menghilangkan Luke dan kekuasaan Republik. Kelompok Resistance yang didukung oleh Republik dan dipimpin oleh Leia Organa (Saudari kembar Luke Skywalker), menentang mereka sambil mencari Luke untuk meminta bantuannya.

Pilot Resistance,Poe Dameron bertemu dengan tetua desa Lor San Tekka di Planet Jakku untuk mendapatkan peta lokasi Luke. Nahasnya, Stormtroopers di bawah komando Kylo Ren menghancurkan desa dan menangkap Poe. Droid BB-8 berhasil lolos dengan membawa peta tersebut, dan bertemu dengan pemulung, Rey, di permukiman barang rongsokan. Ren menginterogasi & menyiksa Poe dengan menggunakan ‘Force’ untuk mengetahui keberadaan droid BB-8. Salah seorang Stromtrooper dengan kode FN-2187, tidak bisa membunuh rakyat Jakku untuk First Order. Dia memutuskan untuk membebaskan Poe dan mereka melarikan diri dengan cara mencuri pesawat TIE Fighter. Poe memberikan nama stromtrooper FN-2187 itu dengan nama Finn. Tetapi, saat mereka akan sampai ke markas Resistance, Mereka mengalami kecelakaan dan Pesawatnya jatuh di Planet Jakku. Kelihatannya, Finn satu-satunya korban yang selamat dari kecelakaan tersebut, dan dengan Jaket milik Poe, dia mengembara di Padang gurun Jakku. Ia bertemu dengan Rey dan BB-8 disebuah pasar, namun mereka di lacak oleh First Order dan berusaha menghindari serangan udara dari First Order. Mereka kabur dengan membawa pesawat rongsokan, Millenium Falcon.

Falcon tersebut telah rusak dan segera diambil oleh Pesawat yang lebih besar, dikemudikan oleh Han Solo dan Chewbacca, yang merebut kembali bekas pesawat mereka. Han menjelaskan bahwa Luke mencoba kembali membangun Jedi yang baru, tetapi dia pergi mengasingkan diri setelah muridnya, Kylo Ren berpaling ke Sisi Gelap dan menghancurkan segala sesuatu yang dibangun oleh Luke. Gang Kanjiklub berusaha menagih utang kepada Han Solo, tetapi mereka berhasil kabur karena Monster Rathar. Gang tersebut melaporkan kepada First Order atas keterlibatan Han. Kru Falcon tiba di planet Takodana dan bertemu di kantin milik Maz Kanata, yang dapat membantu BB-8 mencapai markas kelompok Resistance, tetapi Finn, dalam ketakutannya ingin melarikan diri. Rey kemudian menuju ke sebuah ruangan dan menemukan lightsaber milik Luke dan ayahnya sebelum dia. Rey melihat suatu gangguan dalam pikiran alam bawah sadarnya dan mencoba melarikan diri ke dalam hutan. Maz kemudian memberikan lightsaber itu kepada Finn untuk diamankan.

Pada markas First Order, Starkiller, sebuah Planet yang diubah menjadi senjata super yang mampu mengahancurkan sistem bintang dengan cepat. Supreme Leader Snoke memerintahkan Jenderal Hux untuk menggunakan senjata itu untuk pertama kalinya dan menghancurkan Ibukota Republik. Armadanya telah mengumumkan akhir dari Republik. Snoke memberitahu Ren bahwa untuk mengatasi panggilan dari Sisi Terang dan menguasai Sisi Gelap, dia harus membunuh ayahnya, Han Solo. First Order menyerang Planet Takodana. Han, Chewbacca, dan Finn, yang menggunakan lightsaber dalam pertempuran,diselamatkan oleh Armada Resistance X-Wing Fighter yang dipimpin Poe. Tetapi Rey ditangkap, dan dibawa ke dalam Markas Starkiller. Ren menginterogasi Rey dengan ‘Force’, tetapi Rey menolak pikirannya dibaca oleh Ren & malah menggunakan ‘Force’ untuk membaca pikiran Ren. Ren dengan takut menemukan bahwa Rey memiliki kekuatan Force yang sama, juga karena Rey mengetahui bahwa alasan Ren bergabung ke sisi gelap agar dia menjadi sehebat leluhurnya, Anakin Skywalker. Rey berhasil kabur dari Selnya menggunakan ‘Force’dengan mempengaruhi pikiran salah satu Stormtrooper.

Han, Chewbacca, Finn, dan BB-8 tiba di basis Resistance di D’Qar, di mana mereka bertemu Leia dan droid C-3PO dan R2-D2, yang terakhir kali sudah tidak aktif sejak hilangnya Luke. Mereka juga mengetahui bahwa peta untuk lokasi Luke dalam BB-8 tidak lengkap. Starkiller bersiap untuk menghacurkan planet D’Qar, Resistance membuat rencana untuk menurunkan perisai planet itu sehingga pejuang mereka dapat menyerang. Leia mendesak Han untuk membawa pulang anaknya, Kylo Ren kepada dia. Dengan memakai Falcon tersebut, Han, Chewbacca, dan Finn menyusup ke dalam Markas Starkiller. Mereka menurunkan perisai, menemukan Rey, mengatur bom, dan menemukan Ren. Han menemui Ren dan memanggilnya dengan nama kelahirannya, Ben, dan dia memohon untuk kembali ke Sisi Terang. Meskipun bertentangan, Ren membunuh Han menggunakan Lightsabernya. Chewbacca mengamuk dan menembak Ren & meledakkan bom yang telah diatur sebelumnya. yang memungkinkan Armada Resistance X-Wing Fighter untuk menyerang senjata dan menghancurkan Markas First Order di Starkiller.

Ren yang terluka mengejar Finn dan Rey di luar Markas. Finn bertarung melawan Ren dengan Lightsabernya, tetapi dia terluka dan tak sadarkan diri. Rey melanjutkan pertarungan melawan Ren dengan mengambil Lightsaber itu. Dia mengalahkan Ren dengan Force, dan Ren terluka sebelum dipisahkan oleh tanah yang terbelah. Snoke memerintahkan Jenderal Hux untuk mengevakuasi dan membawa Ren untuk menyelesaikan latihannya. Sementara itu, Rey, Chewbacca, dan Finn melarikan diri ke dalam Falcon. Pada D’Qar, Kelompok Resistance merayakan kemenangannya, sementara Leia, Chewbacca, dan Rey berkabung atas kematian Han Solo. R2-D2 tiba tiba terbangun dan mengungkapkan sisa peta yang kemudian dilengkapi oleh BB-8. Berbekal peta yang sudah lengkap itu, Rey dengan R2-D2 dan Chewbacca menuju ke sebuah pulau di sebuah planet yang jauh. Rey menemukan Luke yang berdiri disebuah tebing dan menawarkan dia lightsabernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *