4 Ciri Sumber Air Minum Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

  • 2 min read
  • Aug 05, 2020
4 Ciri Sumber Air Minum Terbaik yang Perlu Anda Ketahui

Setiap hari manusia harus mengkonsumsi sejumlah air untuk bertahan hidup. Tentu saja, ini bervariasi sesuai dengan usia dan jenis kelamin, dan juga berdasarkan tempat tinggal seseorang.

Secara umum, seorang pria dewasa membutuhkan sekitar 3 liter (3,2 liter) per hari sedangkan seorang wanita dewasa membutuhkan sekitar 2,2 liter (2,3 liter) per hari. (1)

Semua air yang dibutuhkan seseorang tidak harus berasal dari minum cairan, karena sebagian air ini terkandung dalam makanan yang kita makan.

Air melayani sejumlah fungsi penting untuk membuat kita semua berjalan

  • Nutrisi vital bagi kehidupan setiap sel, bertindak pertama sebagai bahan bangunan.
  • Ini mengatur suhu tubuh internal kita dengan berkeringat dan bernafas
  • Karbohidrat dan protein yang digunakan tubuh kita sebagai makanan dimetabolisme dan diangkut oleh air dalam aliran darah;
  • Ini membantu dalam pembilasan limbah terutama melalui buang air kecil
  • Bertindak sebagai peredam kejut untuk otak, sumsum tulang belakang, dan janin
  • Membentuk air liur
  • Melumasi sendi

Menurut Dr. Jeffrey Utz, Neuroscience, pediatri, Allegheny University, orang yang berbeda memiliki persentase tubuh yang berbeda yang terdiri dari air. (1)

Bayi memiliki paling banyak, dilahirkan sekitar 78%. Pada usia satu tahun, jumlah itu turun menjadi sekitar 65%. Pada pria dewasa, sekitar 60% dari tubuh mereka adalah air. Namun, jaringan lemak tidak memiliki banyak air seperti jaringan tanpa lemak.

Pada wanita dewasa, lemak lebih banyak membentuk tubuh daripada pria, sehingga mereka memiliki sekitar 55% dari tubuh mereka yang terbuat dari air.

Karena hal ini menjadi penting bagi kita semua untuk selalu mengkonsumsi air karena peran vital yang dimiliki dari air itu sendiri. Sehingga, tak kalah penting juga bagi kita semua untuk mengetahui mengetahui ciri-ciri air yang berasal dari sumber air minum terbaik. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Tidak mengeluarkan bau

Bau biasanya dipicu atau ditimbulkan oleh pembusukan zat organik seperti bakteri atau juga kemungkinan berasal dari akibat tidak langsung dari pencemaran lingkungan, terutama sistem sanitasi. Inilah mengapa kriteria air yang yang berkualitas adalah air yang tidak memiliki bau. (2)

  • Air tidak keruh

Warna dalam air terutama menyangkut kualitas air tak hanya karena alasan estetika tapi juga seberapa aman untuk dikonsumsi.

Di sisi lain, warna dapat menunjukkan keberadaan zat organik, seperti ganggang atau senyawa humik. Baru-baru ini, warna telah digunakan sebagai penilaian kuantitatif terhadap keberadaan bahan organik yang berpotensi berbahaya atau beracun dalam air.

Misalnya jika air keruh berarti air tersebut tidak aman untuk dikonsumsi karena biasanya air pada kondisi ini.Kekeruhan sendiri adalah ukuran sifat transmisi cahaya air dan terdiri dari bahan tersuspensi dan koloid. (2)

  • Tidak memiliki rasa

Untuk ciri-ciri yang pertama dari air yang bersih adalah, air yang tidak memiliki rasa. Karena rasa biasanya dapat ditimbulkan oleh keberadaan zat organik, bakteri, atau juga unsur lainnya yang telah mengkontaminasi air tersebut. (2)

  • Suhu air

Adanya Kenaikan suhu pada air dapat mengakibatkan kenaikan aktivitas biologis sehingga akan membentuk O2 pada kadar lebih banyak lagi.

Kenaikan suhu perairan biasanya disebabkan oleh beberapa kegiatan yang sifatnya alamiah.

Seperti aktivitas penebangan vegetasi di sekitar sumber air tersebut, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan banyaknya cahaya matahari yang masuk tersebut memengaruhi akuifer (lapisan bawah tanah) yang ada baik secara langsung maupun juga tidak langsung. (2)

Itulah tadi beberapa ciri air minum berkualitas yang datangnya dari sumber air minum terbaik. Untuk Anda yang menginginkan air putih berkualitas selalu pilihlah AQUA, dengan pengalaman lebih dari 45 tahun kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia.

Source:

  1. https://www.usgs.gov/special-topic/water-science-school/science/water-you-water-and-human-body?qt-science_center_objects=0#qt-science_center_objects
  2. https://echo2.epfl.ch/VICAIRE/mod_2/chapt_2/main.htm