Sebagai organ yang berperan penting dalam memompa darah, jantung memang bagian tubuh yang paling vital dan mempengaruhi kelangsungan hidup manusia. Termasuk juga organ tubuh yang sangat mahal dan harus Anda jaga kesehatannya, karena masalah yang terjadi pada jantung bisa menjadi pembunuh paling mematikan dan berlangsung secara cepat. Untuk sedini mungkin tak peduli semuda apa usia Anda ada baiknya untuk selalu menjaga kesehatan organ vital tersebut.

Karena faktanya sendiri penyakit jantung tak hanya bisa menjangkiti mereka yang sudah berusia lanjut saja, melainkan juga banyak diantara anak muda yang tidak bisa menikmati hidupnya dikarenakan terkena masalah kesehatan yang satu ini. kerusakan pada organ jantung ternyata juga dapat mempengaruhi organ tubuh yang lainnya, karena ia adalah pusat kinerja dari organ-organ lain, termasuk diantaranya adalah ginjal, hingga pada bagian otak.

Untuk menjaga kesehatan jantung Anda sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, cukup dengan menerapkan beberapa kebiasaan baik ini, yaitu:

  1. Olahraga secara rutin, bagaimanapun aktivitas fisik ini memang memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, termasuk diantaranya adalah menjaga kesehatan organ kardio Anda. Tak perlu lama, cukup lakukan olahraga selama 20 hingga 30 menit saja setiap harinya, namun rutin, maka jantung akan tetap sehat. Bagus juga di dalam menjaga berat badan agar tetap ideal.
  2. Mulai kurangi atau bahkan hentikan kebiasaan merokok, memang bukan sebuah rahasia lagi jika rokok mengandung begitu banyak senyawa yang bersifat racun bagi tubuh. Mereka yang merokok nyatanya memiliki resiko begitu tinggi terkena masalah jantung, diantaranya adalah jantung koroner. Bukan hanya perokok aktif saja, melainkan perokok pasif justru memiliki resiko yang jauh lebih tinggi terkena kondisi kesehatan tersebut.
  3. Perbanyak konsumsi ikan, ikan ini mengandung senyawa asam lemak omega 3, dimana zat tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lemak jahat ini beresiko tinggi menyebabkan tersumbatnya aliran darah sehingga menyebabkan nantinya jantung harus bekerja secara lebih keras di dalam memompa darah, lama kelamaan bisa memicu kerusakan bukan.
  4. Perbanyak konsumsi makanan kaya serat, untuk asupan makanan sehari-hari sendiri, maka lebih dianjurkan bagi Anda memperkaya konsumsi bahan makanan seperti sayur dan buah-buahan, gandum. Kacang hingga sereal. Serat ini sangat bagus di dalam menurunkan kolesterol yang ada dalam tubuh.
  5. Mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh, misalnya adalah menu makanan yang digoreng, kemudian juga produk susu kaya lemak dan sejenisnya. Memang benar jika seandainya jenis makanan semacam ini memiliki rasa yang gurih atau jauh lebih enak, namun juga tidak memungkiri jika seandainya kadar lemak jenuh atau kolesterolnya begitu tinggi, sehingga rentan menyebabkan masalah pada jantung.
  6. Istirahat secara cukup, bagaimanapun durasi istirahat ini sangat mempengaruhi kesehatan, dimana orang-orang dengan jam tidur yang kurang beresiko tinggi untuk terkena berbagai macam kondisi kesehatan, mulai diantaranya adalah hipertensi hingga resiko terkena diabetes dan juga serangan jantung. Jadi sesibuk apapun Anda pastikan untuk mendapat waktu istirahat yang cukup.
  7. Jaga juga kadar gula darah, karena faktanya glukosa yang ada di dalam darah tak hanya beresiko menyebabkan penyakit diabetes melitus, melainkan juga penyakit jantung. Untuk itu pastikan tetap stabil.

Ingat bahwa jantung ini adalah organ yang sangat mahal harganya, jadi usahakan untuk menjaganya agar tetap sehat. Jantung yang sehat bisa membuat Anda hidup untuk waktu yang lama.