Otak bayi Anda sedang dibentuk saat ia tumbuh dewasa, mulai dari hari pertama kehidupannya. Otaknya terdiri dari seratus miliar sel otak yang disebut neuron. Neuron-neuron ini saling berhubungan satu sama lain, seperti jalan dan jembatan. Artikel Baru ini akan memberikan tips dalam Stimulasi Bayi 6 Bulan. Semakin banyak koneksi yang dibuat neuron, semakin cerdas anak Anda. Pembentukan koneksi ini dipicu ketika bayi Anda terkena lingkungan yang kaya dengan warna, suara, bau, gerakan, serta sentuhan Anda.

Tindakan sederhana dalam Stimulasi Bayi 6 Bulan yaitu berbicara dengan bayi Anda, menggoyang-goyangkannya untuk tidur, menggoyang-goyangkan jari-jarinya, dan membungkusnya dengan pakaian berbau segar benar-benar membangun otak bayi Anda. Memperkenalkan bayi Anda ke lingkungan yang kaya yang membangun otaknya disebut stimulasi bayi.

Anda juga dapat memainkan game sederhana dengan bayi Anda yang meningkatkan perkembangan otaknya. Game stimulasi bayi terdiri dari kegiatan yang merangsang indranya dan memulai pembelajaran intelektual serta fisiknya.

Studi menunjukkan bahwa bayi yang distimulasi mencapai tonggak perkembangan dan menjadi mandiri sebelumnya. Mereka memiliki indera yang lebih tajam, koordinasi otot yang lebih baik dan memiliki citra diri yang lebih aman. Di sisi lain, bayi yang tidak distimulasi ternyata tumbuh pada posisi yang kurang menguntungkan di kelas satu di sekolah. Kerugian ini dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Juga telah diamati bahwa bayi dengan latar belakang genetik yang sama atau berasal dari keluarga yang sama ternyata berbeda ketika dibesarkan di lingkungan yang berbeda. Bayi yang dibesarkan dalam lingkungan yang cerdas tumbuh untuk memiliki kepribadian yang lebih baik dan tingkat kecerdasan yang lebih maju.

Stimulasi bayi bisa menyenangkan bagi Anda dan bayi Anda. Bayi Anda bukan satu-satunya yang belajar, tetapi Anda juga mengenal bayi Anda lebih baik, dan mengasah keterampilan Anda untuk menjadi guru pertamanya yang efektif.

Berikut ini adalah beberapa ide permainan sesuai usia yang dapat Anda mainkan dengan bayi Anda untuk merangsang otaknya. Jangan ragu untuk membuat variasi, tetapi pastikan Anda menggunakan mainan, lingkungan, dan gerakan yang aman:

Bagaimana Cara Cepat Stimulasi Bayi 6 Bulan?

Membangun kepercayaan.

Angkat dan pegang bayi Anda dengan cara yang paling Anda sukai. Bicaralah dan tersenyumlah padanya, dan tunjukkan padanya bahwa ia dapat mempercayai Anda dan orang lain di masa depan.

Goyangkan bayi Anda.

Tempatkan bayi Anda di pangkuan Anda sebagai ayunan dan goyangkan dia secara berirama dari sisi ke sisi saat Anda berbicara atau bernyanyi padanya.

Buat suara untuk bayi Anda.

Tepuk tangan, jentikkan jari, buat suara yang tidak biasa di berbagai posisi di sekitar kepala bayi, putar musik yang menenangkan.

Nyanyikan lagu-lagu pembibitan untuk bayi Anda.

Buat bayi Anda duduk di pangkuan Anda, dan goyang bayi dengan lembut mengikuti irama musik. Goyang dia sedikit lebih tinggi ketika Anda mengucapkan satu kata tertentu.

Menari dengan bayi Anda.

Pegang bayi Anda dengan aman di dada Anda; menari perlahan dan lancar di seberang ruangan. Gunakan musik yang tidak terlalu menggelegar.

Ikat tali di tempat tidur bayi Anda dan pasang mainan warna-warni yang lembut, gambar, mainan kerincingan, dll. Pastikan dia bisa melihat mainan itu.

Stimulasi Bayi 6 Bulan dengan Gerakkan mainan yang lembut dan bicarakan padanya tentang masing-masing mainan. Berhentilah ketika dia menunjukkan bahwa dia lelah dengan memalingkan muka dari benda-benda.