Beberapa Pilihan Aplikasi Pengingat Ibadah yang Bermanfaat Bagi Umat Muslim

  • 2 min read
  • Apr 29, 2021
Aplikasi Pengingat Ibadah

Ada kalanya kita lupa waktu shalat atau pun lupa untuk bangun sahur. Jika di luar kota, bisa juga kita bingung ke mana arah kiblat saat tidak ada tanda-tanda kiblat di tempat tersebut. Sebagai salah satu solusi yang tepat dan mudah, maka kamu bisa coba mengunduh salah satu aplikasi jadwal puasa untuk Android yang bisa menjadi pengingat ibadah. Dengan aplikasi tersebut, kita akan terhindar dari lalai ibadah baik itu puasa, shalat dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa pilihan aplikasi pengingat waktu ibadah.

Muslim Pro

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan yaitu Muslim Pro. Para pengguna iOS bisa mencoba aplikasi ini yang mendapatkan rating hingga 4,9/5. Pada aplikasi Muslim Pro, terdapat fitur untuk jadwal imsakiyah saat bulan Ramadhan. Termasuk juga Muslim Pro menyediakan jadwal shalat, jadwal imsak, dan waktu buka puasa. Berbagai informasi dan jadwal tersebut ditampilkan oleh Muslim Pro berdasarkan lokasi setiap pengguna. Aplikasi Muslim Pro juga sudah dilengkapi dengan fitur lain seperti Al-Quran yang bertulisan Arab dan lengkap dengan fonetiknya. Selain itu, tersedia juga terjemahan, dan resitasi audio sehingga Muslim Pro menjadi aplikasi ibadah yang sangat lengkap.

Selain itu, Muslim Pro juga dilengkapi dengan fitur untuk penunjuk Kiblat, fitur kalender Hijriyah, dan peta untuk bisa menemukan lokasi masjid, dan rumah makan yang halal. Untuk dapat melihat info jadwal Imsakiyah serta menggunakan fitur yang lainnya lewat aplikasi ini, pengguna setidaknya perlu memiliki iPhone, iPad, atau iPod Touch dengan iOS 10 atau OS lebih baru. Untuk pengguna Mac, maka aplikasi ini kompatibel untuk perangkat yang bisa menjalankan macOS v11.0 dan lebih baru.

Ramadhan Times

Ada juga aplikasi lainnya yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu Ramadhan Times. Aplikasi satu ini menyajikan informasi jadwal imsakiyah. Jadwal tersebut meliputi info jadwal shalat, imsak, dan juga berbuka puasa selama Ramadhan. Ada juga fitur kompas pada Ramadhan Times ini untuk bisa menunjukkan kiblat, ada pun kalender Islam, dan kalkulator zakat. Sehingga dirasa cukup lengkap aplikasi Ramadhan Times tersebut. Bukan hanya itu saja, pengguna Ramadhan Times juga membaca 114 surat Quran dan juga 132 doa.

Bacaan tersebut ditulis dengan bahasa Arab serta diterjemahkan menggunakan bahasa Inggris. Aplikasi Ramadhan Time juga telah mendukung beberapa macam bahasa yang lengkap. Bahasa pada Ramadhan Times ini termasuk bahasa Inggris, Indonesia, Arab, Jepang, Thailand, Rusia dan Korea. Sehingga wajar saja Ramadhan Times digunakan oleh banyak orang dari seluruh dunia.  Aplikasi ini kompatibel untuk perangkat iPhone, iPod Touch, dan iPad dengan iOS 11.1 minimal.

Athan Pro

Melalui aplikasi Athan Pro ini, maka pengguna bisa praktis mengetahui informasi seputar jadwal shalat, imsak, dan jadwal berbuka puasa Ramadhan 2021. Di samping itu, Athan Pro ini juga mempunyai fitur widget. Sehingga dengan fitur widget Athan Pro tersebut, bisa memungkinkan pengguna untuk melihat jadwal beribadah shalat langsung lewat layar ponselnya. Pengguna Athan Pro tidak harus lagi membuka aplikasi tersebut terus menerus. Para pengguna Athan Pro juga dapat mendengar surat-surat Al-Quran. Surat Quran tersebut dilantunkan para qari untuk menemani hari-hari kamu. Ada juga fitur tasbih, fitur kompas, kalender Islam, bacaan dzikir pada Athan Pro. Tak lupa juga Athan Pro memiliki fitur untuk pengguna menonton dan juga mendengarkan saluran radio dan TV Islam dan fitur lainnya.