Virus Corona memang bukan sesuatu yang bisa dipandang remeh, karena memang sekarang ini tengah mewabah juga beresiko tinggi untuk menular kepada orang lain. Bahkan juga sangat mungkin bagi Anda untuk nantinya tertular juga. Di Indonesia sendiri sampai awal April ini tercatat sudah lebih dari 2 ribu orang yang teridentifikasi positif Covid 19, dengan jumlah angka kematian juga cukup tinggi lebih dari 200 jiwa, meskipun demikian nyatanya juga tetap ada pasien yang mengalami kesembuhan.

Pada dasarnya jika kita mau mengikuti aturan yang dibuat oleh pemerintah, maka bukan hal yang mustahil untuk melindungi diri agar nantinya tidak sampai terserang penyakit berbahaya yang menyerang sistem pernapasan tersebut. Mengingat bagaimanapun sebenarnya penyakit yang satu ini juga tetap bisa dicegah. Pencegahan lebih baik dibandingkan dengan mengobati jika seandainya nanti Anda sampai terkena Covid 19 tersebut. Salah satu kuncinya adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh.

Faktanya kebanyakan diantara orang yang terjangkit virus Corona ini adalah mereka dengan kekebalan tubuh yang lemah. Maka ada potensi besar untuk terjangkit, bahkan juga mengalami kondisi yang lebih serius, termasuk diantaranya adalah resiko komplikasi. Adapun diantaranya juga beberapa gejala dimana tubuh memiliki kekebalan yang lemah dan wajib untuk diwaspadai, yaitu:

  1. Mudah masuk angin, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya masuk angin ini tergolong sebagai penyakit orang Indonesia, apalagi jika seandainya sudah memasuki musim hujan seperti sekarang ini. Maka badan akan terasa pegal-pegal, begitu juga dengan perut yang menjadi begah dan kembung. Ini adalah kondisi dimana sistem imuns tengah turun, apalagi jika seandainya Anda sering mengalaminya, maka patut diwaspadai.
  2. Mengalami stress dalam jangka waktu lama, stress adalah hal yang lumrah terjadi, namun bisa sembuh dengan sendirinya. Jika seandainya tress Anda berlarut-larut, maka patut diwaspadai karena tandanya memiliki kekebalan tubuh lemah.
  3. Masalah pencernaan, mengalami masalah pencernaan berulang-ulang bisa mengindikasikan sistem kekebalan tubuh juga lemah. Karena sebenarnya pada saluran pencernaan tersimpan banyak bakteri baik yang berguna untuk melindungi tubuh. Ketika bakteri tersebut mati atau kurang jumlahnya, maka secara otomatis akan membuat daya tahan tubuh juga turun.
  4. Memiliki luka yang tidak kunjung sembuh, pada dasarnya ketika seseorang terluka, maka nantinya ada zat khusus yang berperan di dalam pembekuan darah, sehingga nantinya akan mempercepat proses pemulihannya, jadi bisa membuat luka kering dan cegah terjadinya infeksi. Jika kekebalan tubuh lemah maka nantinya proses penyembuhan luka juga akan berlangsung lambat.
  5. Pilek, meskipun termasuk dalam kelompok penyakit ringan, namun sebenarnya ini adalah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh tengah melemah. Pilek ringan ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya, ketika Anda cukup istirahat dan juga mengonsumsi makanan bergizi.
  6. Mudah merasa lelah padahal tidak mengerjakan pekerjaan yang berat, ini juga adalah kondisi dimana sistem imuns tengah terganggu atau melemah.
  7. Alergi, jangan salah karena keberadaan alergi ini bisa mengindikasikan bahwa sebenarnya sistem imuns Anda lemah. Umumnya setiap orang juga memiliki alergi terhadap hal yang berbeda-beda.

Itulah beberapa tanda kekebalan tubuh tengah lemah, waspadai jangan sampai terinfeksi oleh virus Corona. Terapkan berbagai macam upaya untuk kembali meningkatkan sistem imuns yang tengah melemah tersebut. Temukan caranya lewat situs Halodoc, ada banyak tips-tips kesehatan bermanfaat disana.