Cara Mengobati Sariawan dengan Benar dapatkan Obatnya di Toko SehatQ

  • 2 min read
  • Jul 08, 2021
Cara Mengobati Sariawan

Saya rasa hampir setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya sariawan. Yakni masalah gusi dan mulut yang dapat muncul entah itu di bagian pipi dalam, bagian bibir, ataupun lidah. Sariawan dapat terasa sangat sakit sampai dengan bikin malas makan dan bicara. Namun apakah kamu sedang cari obat sariawan, namun masih bingung menentukannya? Kamu bisa beli di toko SehatQ disana sangat lengkap lho.

Bukan hanya obat yang memerlukan resep dokter saja, namun kamu juga bisa menggunakan obat sariawan alami dahulu yang ampuh digunakan baik untuk orang dewasa atau anak-anak seperti di bawah ini.

Walaupun sariawan tidak berbahaya, namun rasa perihnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan juga sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya, yaitu sekitar satu sampai dua mingguan. Pada waktu pemulihan yang lumayan lama, bukan tidak mungkin membuat kamu malas berbicara dan juga mengonsumsi makanan.

Maka kamu harus coba untuk mengatasi sariawan yang membandel dengan pilihan obat sariawan alami, di antaranya adalah:

1. Menggunakan Madu

Ada salah satu manfaat madu yaitu sebagai obat sariawan alami yang lumayan ampuh. Penggunaan nya atau caranya cukup mudah dengan hanya mengoleskan madu di atas sariawan tersebut. Sehingga madu yang memiliki sifat antiradang dan juga antibakteri yang bisa membantu kamu supaya mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan.

Intinya dari pengertian tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia yakni terhadap 94 partisipan yang telah rutin mengoleskan madu pada sariawan pada mulutnya selama empat hari berturut-turut. Dan hasilnya mereka bisa sembuh dengan lebih cepat.

2. Menggunakan Air Garam

Cara kedua yaitu berkumur air garam selama kurang lebih selama 1-2 menit bisa kamu manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi sariawan. Karena hal ini garam mempunyai sifat antiradang dan juga antibakteri supaya bisa mencegah sariawan kamu tidak berkembang makin parah.

Bukan hanya itu, air garam juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Dan bukan hanya sebagai obat sariawan alami, tapi garam juga bermanfaat untuk mencegah infeksi di mulut. Supaya bisa membuat larutan air garam, yakni cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam kemudian masukan ke dalam satu gelas air hangat, setelah itu aduk sampai merata, lalu kumur-kumur air di dalam mulut ingat jangan ditelan ya.

Jika sudah segera buang dan lalu bilas dengan minum air putih. Kemudian kamu juga bisa mengulangi berkumur air garam dalam beberapa kali dalam sehari hingga sariawan terlihat mengempis.

3. Menggunakan Air Kelapa

Buah kelapa dinilai dapat menjadi obat sariawan alami yang ada di area lidah ataupun bibir. Buah kelapa dapat bekerja mencegah peradangan luka semakin memburuk dan dapat mengurangi rasa sakit yang timbul akibat luka sariawan.

Kemudian, manfaat lain dari buah kelapa juga dinilai dapat membantu menyejukkan suhu dalam tubuh. Sehingga pada beberapa kasus, seperti penyakit panas dalam dipercaya sebagai salah satu penyebab timbulnya sariawan.

Untuk cara menggunakan buah kelapa sebagai obat sariawan alami juga sebenarnya cukup mudah. Caranya campurkan madu dengan susu kelapa ataupun minyak kelapa, kemudian oleskan ramuan tersebut di luka sariawan kamu. Cara ini bisa diulangi sebanyak 3-4 kali dalam sehari, hingga sariawan mulai tampak mengempis.

Ngomong-ngomong soal obat alami, gimana kalo kamu menggunakan obat Betadine obat kumur aja yang lebih praktis untuk menyembuhkan sariawan pada bibir, mulut dan juga bagian dalam mulut lainnya tenang saja obat ini juga aman lho.