Nasi Tumpeng digunakan oleh masyarakat Jawa dan sekitarnya (termasuk adalah Madura dan Bali), untuk membuat persembahan kepada gunung-gunung sebagai bentuk tanda penghormatannya bahwa ada leluhur yang sudah mendiami gunung-gunung tersebut. Hal ini sudah terjadi sejak lama, jauh sebelum agama masuk ke Nusantara.

Kemudian, agama Hindu masuk ke Indonesia. Perayaan dan pembuatan tumpeng sudah mengalami sedikit perubahan, yaitu dari mulai bentuk nasinya. Nasi tumpeng baru mulai dibuat kerucut ketika masa agama Hindu masuk ke indonesia. Kerucut merupakan tiruan dari bentuk gunung Mahameru sebagai tempat bersemayamnya para dewa-dewi menurut kepercayaan mereka.

Setelah agama Islam masuk, pembuatan tumpeng mulai kembali disesuaikan dengan kaidah-kaidah Islam, dan kemudian menjadi nasi tumpeng yang saat ini kita kenal sampai sekarang. Biasanya digunakan untuk perayaan tertentu seperti syukuran, kenduri, dan sebagainya.

Beberapa Manfaat Nasi Tumpeng

  1. Membantu meredakan peradangan
  2. Membantu mencegah kanker
  3. Membantu mencegah penyakit alzeimer

Filosofi Nasi Tumpeng

Tumpeng itu berasal dari sebuah singkatan ‘yen metu kudu mempeng’ yang memiliki arti tersendiri. Bila diterjemahkan dalam kamus bahasa Indonesia, ‘yen metu kudu mempeng’ berarti ‘ketika keluar harus sungguh-sungguh semangat.

Ternyata dalam penyajiannya nasi tumpeng biasanya juga dilengkapi dengan 7 macam lauk-pauk. 7 dalam bahasa Jawa berarti pitu. Angka pitu berarti pitulungan (pertolongan) kepada Tuhan.

Pesan Nasi Tumpeng Senayan

Nasi tumpeng adalah nasi berbentuk gunungan, kadang dibentuk model kerucut dan ada juga yang model susun. Meski begitu, di jaman modern ini tersedia juga nasi tumpeng dengan bentuk yang begitu unik yaitu tumpeng custom. Contohnya tumpeng karakter atau tumpeng angka.

Kenapa nasi tumpeng sendiri menjadi pilihan paling tepat di saat Anda membutuhkan konsumsi untuk berbagai event yang diadakan di Jakarta dan area sekitarnya?

  1. Tinggal pesan di jasa catering

Saat ini banyak sekali jasa catering yang menawarkan menu tumpeng, salah satunya ada Nasitumpengjakartaselatan.com. Kami adalah catering tumpeng yang bisa Anda pesan secara online dan tumpeng akan langsung kami antar dengan jasa delivery order sehingga Anda bisa mendapatkan kemudahan konsumsi tumpeng tanpa harus repot pergi.

  1. Tumpeng bisa buat banyak acara

Tumpeng sendiri cocok disajikan untuk berbagai macam acara, tidak hanya acara berupa syukuran seperti ulang tahun ataupun hajatan. Tapi juga acara-acara lainnya semacam grand opening, anniversary, pernikahan, dll.

  1. Harga tumpeng yang terjangkau bisa untuk banyak orang

Harga nasi tumpeng di Jakarta Selatan sangatlah terjangkau dan itu pun sudah bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para tamu undangan dalam jumlah porsi yang banyak. Jasa catering kami menyediakan nasi tumpeng bagi minimal 20 porsi orang, bahkan Anda bisa pesan gunungan tumpeng untuk konsumsi lebih dari 100 orang.

  1. Rasa tumpeng yang enak dan menggugah selera

Kekhasan bumbu-bumbu dan bahan alami tradisional asli Indonesia menjadikan rasa nasi tumpeng begitu enak dan menggugah selera. Kebanyakan orang Indonesia sangat menyukai tumpeng yang terdiri dari nasi gunungan dan lauk pauk pelengkapnya seperti perkedel kentang, ayam, telur, mie goreng, urap, sambal goreng ati, dan masih banyak lagi.

  1. Tumpeng kelihatan mewah meski terjangkau

Satu hal lagi yang membuat tumpeng sangat laris manis dipesan masyarakat. Hal ini karena rupa tumpeng yang berbentuk gunungan tinggi menawarkan tampilan masakan yang mewah dan kelihatan mahal. Meski harganya sendiri sebenarnya sangatlah terjangkau. Itulah sebabnya, mereka yang ingin menyajikan menu konsumsi yang bisa mengesankan para tamu, biasanya mereka lebih memilih pesan tumpeng daripada nasi kotak biasa dalam kardus/ box makan.

Baca juga: Pesan Nasi Tumpeng Sudirman Jakarta Selatan

Cara memesan nasi tumpeng di Senayan

  1. Cek menu tumpeng di Nasitumpengjakartaselatan.com.
  2. Tentukan bentuk tumpeng, jenis nasi (kuning/hijau/putih) dan lauk pauknya.
  3. Tentukan berapa porsi tumpeng yang ingin diorder.
  4. Hubungi Admin/customer service kami, bisa lewat nomer telepon/SMS/WA/Line/e-mail
  5. Beritahukan kepada Admin kami pesanan tumpeng Anda secara mendetail.
  6. Beritahukan alamat, waktu dan hari pengiriman.
  7. Transferlah sejumlah uang sesuai dengan paketan nasi tumpeng yang dipesan.

Setelah Anda pesan nasi tumpeng Senayan Jakarta Selatan dan area sekitarnya, maka Anda tinggal tunggu orderan tumpeng diantarkan di hari-H tepat pada waktunya. Mudah, bukan? Pesan Nasi Tumpeng di Senayan sekarang juga!.