Latihan kegel untuk pria dapat membantu meningkatkan kontrol kandung kemih dan mungkin meningkatkan kinerja seksual. Berikut panduan untuk melakukan latihan Kegel dengan benar.

Pikirkan latihan Kegel hanya untuk wanita? Pikirkan lagi. Latihan kegel untuk pria dapat memperkuat otot-otot dasar panggul, yang mendukung kandung kemih dan usus dan mempengaruhi fungsi seksual. Dengan Latihan Dasar Panggul, latihan kegel untuk pria bisa dilakukan kapan saja. Sebelum Anda mulai melakukan latihan Kegel, cari tahu bagaimana menemukan otot yang tepat dan memahami teknik yang tepat.

Manfaat latihan kegel untuk pria yaitu Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul Anda, termasuk operasi pengangkatan prostat (prostatektomi radikal) dan kondisi, seperti diabetes dan kandung kemih yang terlalu aktif. Anda mungkin mendapat manfaat dari melakukan latihan Kegel jika Anda:

  • Memiliki inkontinensia urin atau fecal
  • Dribble setelah buang air kecil biasanya setelah Anda meninggalkan toilet

Cara melakukan senam kegel untuk pria

  • Temukan otot yang tepat. Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda, hentikan buang air kecil di tengah jalan atau kencangkan otot-otot yang membuat Anda tidak bisa mengeluarkan gas. Manuver-manuver ini menggunakan otot-otot dasar panggul Anda. Setelah Anda mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda, Anda dapat melakukan latihan dalam posisi apa pun, meskipun Anda mungkin merasa paling mudah untuk melakukannya saat pertama kali berbaring.
  • Sempurnakan teknik Anda. Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda, tahan kontraksi selama tiga detik, lalu kendurkan selama tiga detik. Cobalah beberapa kali berturut-turut. Ketika otot Anda menjadi lebih kuat, cobalah melakukan latihan Kegel sambil duduk, berdiri atau berjalan.
  • Pertahankan fokus Anda. Untuk hasil terbaik, fokus hanya mengencangkan otot-otot dasar panggul Anda. Berhati-hatilah agar tidak melenturkan otot di perut, paha, atau bokong Anda. Hindari menahan nafas. Sebaliknya, bernapaslah dengan lega selama latihan.
  • Ulangi 3 kali sehari. Usahakan setidaknya tiga set 10 repetisi sehari.
  • Jangan membuat kebiasaan menggunakan latihan kegel untuk memulai dan menghentikan aliran air kencing Anda. Beberapa dokter berpikir ini bisa menyebabkan infeksi kandung kemih.

Fit dalam satu set latihan Kegel setiap kali Anda melakukan tugas rutin, seperti menyikat gigi.
Lakukan satu set lagi setelah Anda buang air kecil, untuk menyingkirkan beberapa tetes air seni terakhir.

Apa Manfaat Kegel Pria dalam Latihan Dasar Panggul?

Kontraksikan otot dasar panggul tepat sebelum dan selama aktivitas apa pun yang memberi tekanan pada perut Anda, seperti bersin, batuk, tertawa atau mengangkat berat.

Jika Anda mengalami kesulitan melakukan latihan Kegel, jangan malu untuk meminta bantuan. Dokter Anda atau penyedia perawatan kesehatan lainnya dapat memberi Anda umpan balik penting sehingga Anda belajar untuk mengisolasi dan memperkuat otot yang benar.

Jika Anda melakukan Latihan Dasar Panggul secara teratur, Anda dapat mengharapkan hasil seperti kebocoran urin yang jarang terjadi dalam waktu sekitar beberapa minggu hingga beberapa bulan. Untuk manfaat yang berkelanjutan, buatlah Kegel melatih bagian permanen dari rutinitas harian Anda.