Mengenal Lebih dalam Pipa SNI

  • 2 min read
  • May 05, 2020
Mengenal Lebih dalam Pipa SNI

Untuk memproduksi setiap sesuatu tentunya akan membutuhkan standar tertentu yang telah ditetapkan oleh ahlinya. Sama halnya dengan produksi pipa, dimana setiap perusahaan yang memproduksi pipa tentu harus melewati uji kekuatan dan mengikuti standar produksi yang resmi. Saat ini dipasaran hanya ada tiga standar produksi pipa SNI yang sering digunakan, diantaranya adalah standar produk indonesia yang disebut dengan SNI (Standar Nasional Indonesia). Standar produksi jepang yaitu JIS, dan juga standar produksi pipa untuk pipa limbah.

Saat ini mari kita ulik mengenai standar pipa yang dibuat oleh indonesia. Kira-kira apa saja kelebihan pipa yang diproduksi dengan standar SNI. Mari kita lihat.

  1. Multifungsi

Pipa SNI ternyata mempunyai fungsi yang sangat penting dalam instalasi pipa, pipa SNI juga sangat tepat untuk diaplikasikan pada permasalahan pipa. Kasus-kasus pipa yang dapat mamanfaatkan produk pipa SNI yaitu melakukan instalasi air bersih ataupun air minum. Pipa SNi juga sangat cocok digunakan untuk membangun project industri. Selain project industri juga dapat digunakan untuk skala besar seperti pembangun PU ataupun pembangun real estate.

  1. Memiliki dua sambungan

Pipa jenis SNI dapat disambungakan dengan menggunakan dua jenis metode sambungan yang mudah. Pertama mode sambungan rubber ring, dimana cukup dilakukan dengan menyatukan antara ujung yang satu dengan fitting dengan memanfaatkan ring karet. Kedua adalah metode solvent cement, dimana metode ini memanfaatkan lem. Caranya adalah dengan mendekatkan dan menempelkan pipa pada sambungan, kemudian diberikan lem.

  1. Kuat dan aman

Kelebihan pipa SNI disbandingkan dengan pipa lain adalah pada karakter pipa yang tidak mudah pecah dan tidak mudah bocor. Proses pemasangan pipa dengan standar SNI pun jauh lebih karena didukung dengan aksesoris pipa yang bervariasi. Pipa SNi diproduksi dengan menggunakan bahan yang tidak mudah bereaksi terhadap bahan kimia, sehingga sistem pengairin tidak tercemari. Mobilisasi untuk memasang pipa juga akan lebih mudah jika menggunakan pipa SNI karena bahannya yang ringan dan mudah untuk dibawa.

Pipa SNI dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko bangunan, kamu bisa dengan mudah menemukannya karena pipa ini sudah sangat familikiar digunakan untuk pembangunan.