Metode yang Digunakan untuk Melakukan Dewatering

  • 2 min read
  • Jul 20, 2020
Dewatering

Pada proses konstruksi suatu bangunan, biasanya dasar galiran tanah dibanjiri oleh aliran air dari air tanah yang menyebabkan tanah tersebut tidak dapat dibangun sebagai pondasi konstruksi. Untuk membebaskan areal tersebut dari genangan air tanah yang meluber, maka perlu dilakukan proses dewatering di areal tersebut. Untuk melakukan proses dewatering Anda bisa menyewa jasa dewatering seperti yang ada di https://sewatama.com/jasa-dewatering/. Berikut adalah metode dewatering:

Metode untuk Menjalankan Proses Dewatering

Proses dewatering memiliki manfaat dalam mengerjakan proyek karena dapat mencegah terjadinya pengembungan tanah, menstabilkan tanah, mencegah terjadinya erosi buluh serta mencegah timbulnya perembesan. Berikut adalah metode untuk menjalankan proses dewatering:

  1. Metode Predrainage

Metode predrainage dilakukan dengan dua cara yakni metode well points serta metode pompa dalam. Metode predrainage bertujuan untuk menurunkan muka air pada tanah sebelum melakukan pekerjaan penggalian. Metode predrainage dikerjakan pada tanah dengan karakteristik tanah lepas yang cadas lunak serta memiliki celah. Jenis tanah yang dilakukan metode predrainage adalah tanah dengan butir seragam.

Tanah yang mudah mengalami erosi serta memiliki risiko debit rembesan tinggi bisa menggunakan metode predrainage. Metode pompa dalam pada predrainage memanfaatkan prinsip gravitasi dengan menggunakan pompa submersible di dalam air. Metode dewatering predrainage membutuhkan waktu lebih lama ketimbang menggunakan open pumping.

  1. Metode Open Pumping

Tanah yang memiliki karakter berkohesi, padat serta memiliki gradasi yang baik menggunakan metode open pumping. Metode open pumping memanfaatkan kolektor untuk mengumpulkan air pada permukaan serta rembesan yang berasal di bagian tepi galian. Metode open pumping memang tergolong lebih murah ketimbang metode predrainage sebelumnya.

Kelebihan metode open pumping yakni tidak menimbulkan efek pengeboran yang besar terhadap sumur masyarakat di sekitar area. Selain itu, pengerjaan untuk melakukan metode open pumping juga lebih pendek ketimbang metode predrainage. Hal ini dikarenakan petugas hanya perlu menempatkan pipa pada satu tempat saja yakni tempat untuk menampung air.

Proyek dewatering sangat penting untuk berbagai konstruksi termasuk pada industri minyak dan gas. PT Sumberdaya Sewatama adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa penyediaan daya listrik dan juga dewatering selalu siap untuk melayani kebutuhan Anda.