Siapa yang tidak kenal dengan moda transportasi kereta? Ya, kereta saat ini memang tengah menjadi transportasi yang digemari oleh masyarakat. Baik itu Kereta Rel Listrik (KRL) dengan jarak tempuh yang bisa dibilang cukup dekat ataupun Kereta Api yang melayani jarak tempuh yang jauh. Bukan tanpa alasan penggunaan kereta ini digemari oleh masyarakat, salah satu alasan masyarakat gemar menggunakan kereta adalah karena kereta terbebas dari macet. Tentunya kereta terbebas dari macet karena tidak perlu menggunakan jalan raya seperti mobil, motor, bus dan lainnya, kereta mempunyai jalur tersendiri. Karena tidak macet, maka jarak tempuh antar kota ataupun antar provinsi pun menjadi lebih singkat jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Apa Perbedaan Kereta Rel Listrik (KRL) dengan Kereta Api?

Kereta Rel Listrik atau yang akrab didengar dengan nama KRL ini merupakan moda transportasi kereta listrik perkotaan yang menghubungkan beberapa wilayah di sekitar Jabodetabek. KRL ini juga memiliki bangku yang sedikit juga pegangan untuk orang berpegangan saat tidak mendapat tempat duduk di kereta dan harus berdiri. Sedangkan Kereta Api merupakan kereta yang mampu melakukan perjalanan jarak jauh seperti perjalanan antar kota atau bahkan antar provinsi. Kereta api juga mempunyai bangku yang cukup banyak dan penumpang bisa mendapatkan tempat duduknya masing-masing, penumpang yang menggunakan kereta api diwajibkan untuk duduk, karena tidak mungkin jika melakukan perjalanan jarak jauh dengan berdiri seperti menggunakan KRL. Pada kereta api juga terdapat beberapa macam kelas yang membedakan fasilitasnya, yaitu ekonomi, eksekutif, dan bisnis.

Harga Tiket Kereta

Dikarenakan banyaknya perbedaan pada KRL dan kereta api, maka harga tiket pun berbeda. Harga tiket kereta api dibanderol cukup murah, yaitu berkisar 3-8 ribu rupiah saja. Berbeda halnya dengan kereta api yang bisa mencapai puluhan hingga ratusan ribu. Terutama jika anda memilih tiket kelas menengah, atau kelas atas, tentu harga pun akan semakin berbeda. Semakin tinggi kelasnya, maka semakin bagus fasilitas dan semakin mahal pula harga tiketnya.

Apa Saja Metode Pembelian Tiket Kereta?

Dikarenakan mulai banyaknya peminat transportasi kereta, maka semakin beragam pula metode untuk pembelian tiket kereta. Tiket kereta saat ini bisa anda dapatkan secara langsung dengan cara membeli langsung di stasiun atau dapat juga membeli secara online melalui aplikasi atau website-website penyedia jasa tiket kereta. Untuk pembelian tiket kereta listrik, anda cukup datang ke stasiun lalu membeli tiket di loket atau mesin yang disediakan disana. Namun, apabila anda ingin membeli tiket untuk kereta api, anda harus mendatangi stasiun-stasiun besar yang menyediakan pembelian tiket kereta api atau dapat juga dilakukan transaksi secara online. Untuk transaksi secara online, saat ini sedang banyak diminati dikarenakan kepraktisan dan kemudahan serta tidak perlu mengeluarkan banyak waktu dan tenaga saat memesannya karena kita tidak perlu untuk datang ke stasiun besar hanya sekedar untuk pemesanan tiket.

Apa yang Dimaksud Dengan Tiket Kereta Online

Tiket kereta berarti karcis yang anda beli lalu gunakan untuk dapat menaiki kereta. Lalu, apa itu tiket kereta online? Tiket kereta online berarti tiket kereta yang dipesan dalam jaringan atau melalui internet. Tiket ini berbentuk virtual saat dipesan, lalu anda akan diminta melakukan pembayaran dengan cara transfer bank, lalu setelah itu anda akan mendapatkan tiketnya dan mencetaknya di stasiun keberangkatan.

Kelebihan Memesan Tiket Kereta Online

Penggunaan tiket kereta online ini dianggap praktis karena anda tidak perlu pergi ke stasiun hanya untuk memesan tiket. Anda juga tidak perlu mengantri atau menghabiskan waktu anda hanya untuk memesan tiket ke stasiun. Dengan hanya menggunakan internet, anda bisa melihat ketersediaan kereta, anda juga dapat memilih kereta dengan jenis fasilitas yang anda inginkan, dan anda juga dapat memeriksa jadwal keberangkatan atau kedatangan kereta hanya dengan menggunakan smartphone atau komputer anda. Anda dapat memesan tiket kereta online ini melalui aplikasi ataupun website-website yang tersedia.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Mungkin sebagian dari anda masih asing dalam pemesanan tiket secara online ini. Mungkin anda juga sudah terbiasa melakukan pembelian tiket kereta api secara konvensional dengan cara datang ke stasiun yang menyediakan pemesanan. Namun, cara itu kurang praktis dan membutuhkan banyak waktu. Anda harus datang ke stasiun, lalu mengantri, dan harus menunggu untuk pemesanan, tentunya hal ini menghabiskan banyak waktu dan tenaga, terlebih apabila jarak rumah anda dari stasiun tersebut cukup jauh. Lalu, mengapa anda tidak mencoba memesan tiket kereta api secara online saja? Pemesanan tiket kereta api online sangat praktis dan bisa dilakukan dimana saja serta dengan menggunakan waktu yang singkat saja, anda sudah bisa mendapat tiket tanpa harus mengorbankan waktu anda.

Lalu, bagaimana cara pesan tiket kereta api online? Berikut kami jabarkan bagaimana cara untuk memesan tiket kereta api secara online :

  1. Kunjungi website atau aplikasi penyedia jasa pemesanan tiket kereta api online.
  2. Cari rute perjalanan

Pada proses pencarian rute perjalanan, ada beberapa hal yang harus anda lakukan, yaitu : Pilihlah stasiun keberangkatan, lalu kemudian cari kereta api, jangan lupa juga untuk memilih jumlah penumpang, kategori penumpang (dewasa atau anak-anak), kemudian pilihlah tanggal keberangkatan, tanggal kepulangan, serta stasiun tujuan.

  • Pilihlah jadwal kereta api

Pada bagian ini, anda akan diminta untuk memilih jadwal keberangkatan, selain itu juga anda dapat melihat durasi perjalanan dan waktu tiba di tujuan. Anda juga akan diminta untuk memilih kelas kereta. Kelas pada kereta ini yang menentukan perbedaan fasilitas-fasilitas yang akan anda dapatkan nantinya. Umumnya kereta mempunyai tiga kelas, yaitu ekonomi, eksekutif, dan bisnis. Anda dapat memilih kelas tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

  • Perjelas detail penumpang

Pada bagian ini, anda akan diminta untuk mengisi data diri penumpang. Sebelumnya, anda akan diberikan tampilan tiket kereta beserta harga, kereta yang digunakan, keberangkatan, tujuan, dan lain-lain. Lalu, anda akan diminta untuk mengisi data diri, seperti : Nama lengkap, E-mail, Nomor telepon, dan Nomor KTP atau Nomor SIM. Isilah data diri anda dengan sebenar-benarnya, dikarenakan nanti akan ada proses pengecekan pada saat akan menaiki kereta di stasiun. Masukan data diri yang valid dan sesuai dengan fakta yang ada.

  • Pilihlah kursi yang tersedia

Setelah melakukan proses-proses di atas, anda akan diminta untuk memilih kursi untuk tempat duduk anda nantinya di kereta tersebut. Anda bisa memilih posisi kursi sesuai dengan keinginan, namun tentunya menyesuaikan dengan jumlah kursi yang tersedia. Kursi yang sudah terisi biasanya ditandai dengan warna merah, dan kursi yang kosong ditandai dengan warna biru. Pilihlah kursi yang masih kosong agar bisa anda tempati.

  • Lakukan pembayaran

Pada tahap ini, anda bisa memilih beberapa metode pembayaran. Anda bisa memilih metode pembayaran dengan transaksi bank untuk mempermudah dan menghemat waktu anda. Anda bisa memilih akun bank yang akan anda gunakan untuk membayar, lalu masukan nomor rekening anda. Biasanya anda akan mendapatkan semacam kode untuk pembayaran. Lalu, lakukanlah pembayaran dengan transfer menggunakan kode tadi, dan jangan lupa untuk memasukan nominal yang sesuai yang tertera di  tiket kereta online.