Memasuki usia 17 tahun ke atas, biasanya aka tumbuh gigi bagian belakang atau yang dikenal juga sebagai gigi bungsu, ini adalah hal yang normal terjadi dan hampir semua orang akan mengalaminya sampai dengan usia 25 tahun. Gigi bungsu ini tumbuh dengan mengisi ruang kosong di bagian graham belakang dan sering kali karena tempatnya yang sulit dijangkau membuat gigi ini juga rusak. Bahkan dalam pertumbuhannya yang menekan bagian gigi lain akan terasa sangat sakit atau ngilu, sehingga kesulitan dalam membuka mulut. Tanya dokter gigi bagaimana upaya untuk mengatasinya.

Apalagi bagi sebagian orang ketika pertumbuhan gigi bungsu tersebut tidak berlangsung secara normal juga bisa menyebabkan terjadinya pembengkakan sampai dengan mengeluarkan nanah disertai dengan rasa yang sangat sakit. Sangat rentan memang pertumbuhan atau munculnya gigi bungsu ini akan menyebabkan terjadinya infeksi, bahkan juga akan semakin bertambah parah jika seandainya dibiarkan. Sehingga tak jarang juga dokter yang menyarankan pasiennya untuk mencabut atau melakukan tindakan operasi untuk menghilangkan gigi bungsu tersebut.

Lalu bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa ngilu yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi bungsu tersebut? Jangan khawatir karena Anda bisa menggunakan beberapa langkah ini untuk mengatasinya, yaitu:

  1. Berkumur dengan menggunakan air garam, air garam ini merupakan bahan aktif yang bisa digunakan untuk mengatasi ngilu pada gigi bungsu, caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan air hangat dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan campuran tersebut untuk kumur-kumur, ingat hanya sekedar kumur-kumur dan jangan sampai tertelan. Hal ini sangat efektif untuk membunuh kuman atau bakteri yang memungkinkan terjadinya infeksi. Ulangi selama beberapa kali sehari untuk hasil yang optimal.
  2. Gunakan obat kumur, selain berkumur dengan air garam, sebenarnya cara yang lebih praktis yang bisa Anda lakukan adalah dengan berkumur memakai obat kumur yang banyak dijual di pasaran, produknya memang sudah dirancang sebagai sarana untuk menghilangkan bakteri yang ada di dalam mulut Anda. Termasuk juga dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh peradangan pada gusi tersebut.
  3. Konsumsi obat penghilang rasa nyeri, jika rasa sakit tersebut tidak tertahankan, maka Anda bisa memanfaatkan obat-obatan oral yang banyak dijual di apotek, khususnya adalah obat yang memiliki fungsi di dalam menghilangkan atau meredakan rasa nyeri layaknya paracetamol maupun ibuprofen. Namun akan jauh lebih aman jika seandainya Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter, sehingga dosis yang digunakan juga sesuai dan tidak berlebihan. Biasanya dokter juga akan meresepkan antibiotik guna mempercepat terjadinya penyembuhan.
  4. Kompres menggunakan es, suhu dingin yang berasal dari es ini secara efektif bisa mengurangi rasa sakit atau ngilu yang disebabkan oleh pembengkakan pada gusi tersebut, Anda bisa menempelkan kompres es pada bagian pipi atau area gigi yang memang sakit, lakukan selama kurang lebih 15 menit, ulangi beberapa kali sampai rasa sakit tersebut hilang. Patut untuk diperhatikan hendaknya jangan mengompres dengan menggunakan air panas.

Mudah bukan, konsultasikan dengan dokter untuk penanganan yang lebih serius jika seandainya rasa sakit tidak tertahankan, atau bahkan pertumbuhan gigi bungsu tersebut terjadi secara tidak normal, seperti diantaranya adalah miring dan menekan gigi yang ada di sebelahnya. Tanya dokter gigi sekarang bisa jadi jauh lebih mudah, karena memang konsultasinya bisa dilakukan secara online, dengan mengandalkan aplikasi Halodoc.