Tips dan Trik Sewa Apartemen Bulanan agar Tetap Hemat

  • Sinopsis
  • Jul 24, 2022

Sewa apartemen per bulan menjadi opsi menarik bagi para pencari hunian di kawasan urban. Opsi yang satu ini menawarkan banyak kelebihan dibanding sewa rumah tapak, terutama dari segi lokasi dan fasilitas. Nah apabila ditinjau dari segi lokasi, kebanyakan apartemen berdiri di tengah kota yang merupakan titik strategis.

Biasanya apartemen akan dekat ke sejumlah area seperti perkantoran, kampus, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Sebab itu, bisa disimpulkan bahwa hunian vertikal memang dirancang untuk memudahkan mobilitas penghuninya.

Lalu ditinjau dari segi fasilitas, perusahaan pengembang apartemen biasanya menghadirkan fasilitas menarik yang menunjang gaya hidup modern. Ya, hal seperti ini dirancang untuk para penghuni yang suka kemudahan dan kepraktisan. Contohnya ada apartemen yang memiliki pusat perbelanjaan sendiri, guna memudahkan penghuni belanja kebutuhan hidup sehari-hari.

Ada juga yang menyediakan fasilitas olahraga lengkap seperti kolam renang, fitness center, jogging track dan lain-lain. Dengan begitu, tak hanya gaya hidup modern yang bisa diwujudkan tetapi gaya hidup sehat juga.

Tentukan Budget

Sebelum masuk dalam pembahasan tips sewa apartemen bulanan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pindah ke apartemen. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan budget sewa yang diinginkan.

Sebaiknya, Anda memperhitungkan budget sewa dari kondisi serta kemampuan keuangan. Pastikan juga memilih harga apartemen yang tidak perlu mempersiapkan dana ekstra lainnya seperti listrik, air, atau biaya lahan parkir.

Lakukan Riset

Langkah selanjutnya yang wajib dilakukan agar mendapatkan apartemen yang cocok adalah melakukan riset. Saat riset pencari hunian bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan apartemen yang satu dengan yang lain, lalu menentukan mana yang paling cocok.

Tenang riset ini tidak rumit kok, sebab pencari hunian tak perlu datang ke lokasi masing-masing apartemen yang dibandingkan. Pasalnya riset dengan cara demikian hanya akan menghabiskan waktu, tenaga, dan biaya.

Hubungi Pemilik atau Agen Lalu Ajukan Pertanyaan

Pencari hunian bisa dengan mudah menghubungi pemilik properti atau agen. Ajukan pertanyaan penting saat menghubungi pemilik properti atau agen. Contohnya pertanyaan tentang lahan parkir, apa yang termasuk dan tidak termasuk dalam biaya sewa, atau seberapa sering biaya sewa mengalami kenaikan.

Selain itu, pertanyaan seperti apakah boleh membawa hewan peliharaan dan kemungkinan mendekor ruangan apartemen juga patut diajukan. Jangan lupa tanyakan apakah ada uang deposit yang harus dikeluarkan.

Survei Kondisi Apartemen

Setelah melakukan pencarian secara online dan menetapkan apartemen yang dirasa cocok, barulah disarankan untuk datang ke lokasi apartemen secara langsung. Tujuan survei ini untuk mengetahui gambaran apartemen secara detail dan memeriksa kondisi apartemen.

Periksa kondisi apartemen dengan seksama, cek apakah ada kerusakan di bagian dalam unit apartemen yang akan disewa. Ya, kerusakan sekecil apapun sebaiknya dicatat dan dikomunikasikan kepada pemilik atau agen supaya tidak jadi masalah di kemudian hari. Selain itu, periksa juga apakah fasilitas apartemen sesuai dengan yang ditawarkan.