Tips Memilih Software Accounting untuk Grosir atau Ritel

  • 2 min read
  • Jul 29, 2020
Software Accounting

Software akuntansi atau accounting sepertinya menjadi kebutuhan bagi berbagai industri di tengah era serba internet terutama di bidang ritel atau grosir.

Menghadapi industri 4.0, kecepatan dan kemampuan adaptasi dalam menghadapi era yang serba cepat dan tidak pasti dibutuhkan agar usaha tetap bertahan dalam persaingan.

Usaha ritel atau grosir adalah industri yang paling berisiko apabila dihadapkan dengan kondisi yang tidak pasti misalnya saja perubahan tren, krisis keuangan, atau bahkan krisis kesehatan seperti pandemi.

Untuk itu, industri ritel dan grosir harus memanfaatkan teknologi seperti software akuntansi agar mampu bertahan ketatnya persaingan di situasi yang semakin cepat dan tidak pasti.

Namun, sebelum membeli software akuntansi, ada beberapa poin dan tips memilih software akuntansi bagi pengusaha grosir atau ritel baik skala besar maupun kecil. 

Berikut poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli software akuntansi.

Mampu Mengevaluasi Penjualan

Tips pertama adalah software accounting harus memberikan ringkasan atau laporan performa penjualan dalam periode tertentu dibuktikan dengan laporan keuangan seperti laporan neraca, laba rugi, dan juga laporan transaksi dalam satu periode.

Hal ini penting bagi pengusaha ritel atau grosir untuk memberikan keputusan secara cepat mengenai strategi penjualan di periode selanjutnya.

Mampu Melakukan Stok Opname

Hal penting lainnya adalah software akuntansi wajib memiliki fitur stok opname. Usaha ritel dan grosir tidak terlepas dari manajemen stok barang.

Usaha ritel dan grosir cenderung memiliki perputaran stok yang cepat dan banyak sehingga proses stok opname merupakan bagian yang cukup melelahkan dan sulit dilakukan.

Dengan menggunakan software akuntansi, Anda bisa melakukan stok opname yang terekam dan disesuaikan langsung secara otomatis dengan pencatatan jurnal.

Selain itu, Anda juga bisa memantau stok barang berdasarkan SKU atau stock keeping unit dan membuat SKU sendiri dengan menggunakan software akuntansi.

Software accounting juga membantu Anda untuk menghitung persediaan stok barang dengan berbagai metode yaitu first in first out dan juga average.

Anda juga bisa memantau persediaan barang yang akan habis dalam waktu dekat sehingga bisa menentukan keputusan pembelian stok barang baru dengan cepat.

Anda juga bisa memantau stok barang dari lebih dari satu gudang dan lokasi dengan satu akun software akuntansi.

Mampu Memonitor Piutang Penjualan

Biasanya pengusaha grosir atau ritel berperan juga sebagai supplier bisnis lain. Sehingga akan banyak piutang yang akan masuk dalam transaksi.

Pastikan software akuntansi yang Anda pilih mampu merekam piutang bahkan utang dari pembelian dan penjualan.

Dengan software akuntansi, Anda bisa memonitor piutang penjualan; piutang tertagih dan juga belum tertagih.

Manfaat memonitor piutang dagang adalah agar semua piutang yang telah diterima dapat diubah sebagai kas yang menghasilkan laba usaha Anda. Tentu ini berguna untuk menentukan arah keputusan penjualan nantinya.

Terhubung Langsung dengan Transaksi

Karena proses transaksi pada bisnis ritel atau grosir berlangsung cepat, maka perusahaan membutuhkan aplikasi akuntansi yang mampu merekam segala proses transaksi dengan cepat.

Segala jenis transaksi langsung terhubung dan tercatat dalam jurnal yang memudahkan Anda membuat laporan keuangan nantinya.

Selain itu, pastikan software atau aplikasi accounting yang Anda pilih didukung dengan software kasir digital hal tersebut semakin mempermudah perekaman transaksi digital.

Jurnal Software Akuntansi Pilihan di Indonesia

Jurnal merupakan software akuntansi asal Indonesia yang mampu Anda andalkan sebagai tools pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Software akuntansi Jurnal memiliki fitur terbaik untuk berbagai industri baik skala besar maupun skala mikro.

Fitur yang dimiliki Jurnal meliputi; manajemen laba-rugi, manajemen keuangan, manajemen faktur dan transaksi, cash flow forecasting, budgeting, manajemen stok barang dan juga manajemen depresiasi aset.

Maka dari itu, Jurnal menjadi aplikasi keuangan bisnis terbaik untuk memantau dan mengulas kondisi bisnis Anda.

Konsultasikan bisnis Anda kepada Jurnal dan dapatkan free trial 14 hari untuk mendapatkan pengalaman mudahnya kelola keuangan bisnis.