– VPS hosting adalah sebuah layanan web hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi sehingga dapat memberikan resources yang lebih besar dibanding shared hosting. VPS biasanya digunakan oleh website atau blog dengan skala sedang-tinggi.

Virtual Private Server bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk website yang memiliki banyak pengunjung di setiap harinya. Adapun jika traffic website Anda sudah sangat tinggi dan tidak mungkin lagi untuk mengandalkan VPS, maka Anda bisa beralih ke layanan dedicated server.

Cara Memilih VPS Hosting Terbaik

Sangat penting bagi Anda untuk memahami aspek teknis sebelum memilih VPS. Virtual Private Server banyak ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting baik penyedia hosting luar negeri maupun penyedia hosting di Indonesia. Namun, tidak semua penyedia siap memberikan layanan VPS terbaik yang memiliki kualitas bagus selain di vps murah di domainesia klik disini.

Ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan Anda karena pada dasarnya Anda beralih ke VPS adalah untuk memenuhi kebutuhan sumber daya website Anda sehingga tetap berada pada performa terbaiknya. Anda membutuhkan disk space yang besar, kapasitas bandwidth yang besar, dan juga kecepatan saat diakses. Perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum Anda order layanan VPS:

1. Reputasi Penyedia VPS

Pertimbangan yang pertama adalah merujuk pada reputasi penyedia layanan VPS. Usahakan untuk memilih VPS yang ditawarkan oleh perusahaan yang sudah memiliki reputasi baik, karena secara teori reputasi baik merupakan indikasi dari bagusnya suatu layanan.

2. Spesifikasi Server

Anda perlu mengetahui spesifikasi servernya. Untuk memastikan website Anda bisa memiliki performa yang cepat dan stabil, maka spesifikasi server yang digunakan harus tinggi. Ketika server sering memuat beban berlebihan, maka website klien akan merasakan dampaknya berupa askes lambat bahkan gagal diakses.

3. Managed atau Unmanaged

Secara umum layanan VPS https://www.domainesia.com/vm/ terbagi menjadi dua macam, yaitu VPS Managed dan VPS Unmanaged.

Yang mana yang harus Anda pilih?

VPS Managed adalah sebuah layanan Virtual Private Server yang dikelola penuh oleh perusahaan penyedia VPS tersebut. Jadi, pengguna hanya tinggal pakai.

Sementara itu, jika Anda memilih VPS Unmanaged, maka Anda punya tangggung jawab untuk mengelolanya sendiri. Disini Anda perlu memahami teknis pegelolaan VPS secara mandiri. Namun, Anda bisa belajar cara menggunakan VPS karena banyak sekali panduan dan referensinya.

4. Keamanan Sangat Penting

Jangan hanya terfokus pada kecepatan akses dan stabilitasnya, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan aspek keamanannya. Saya yakin Anda tidak ingin website yang dengan susah payah Anda bangun kemudian “lenyap” dengan begitu saja karena sistem keamanan yang kurang baik. Perhatikan sistem keamanan yang diterapkan oleh provider VPS yang akan Anda pilih.

5. Pertimbangan Harga

Dari sekian banyak perusahaan penyedia VPS hosting, Anda dapat menyeleksi satu demi satu untuk memilih provider terpercaya yang menawarkan VPS termurah dikelasnya. Mengingat biaya sewa VPS tidak bisa dibilang murah, maka pilihan bijaknya adalah memilih penyedia VPS yang memberikan harga terbaik dengan kualitas yang telah teruji.

Pertimbangkan beberapa hal diatas sebelum Anda memutuskan order layanan VPS di salah satu provider agar nantinya Anda tidak merasa rugi setelah mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya VPS yang Anda gunakan.

Rekomendasi VPS Terbaik Indonesia

Berikut rekomendasi cloud VPS murah dan terbaik di Indonesia yang dapat Anda pertimbangkan untuk kebutuhan sumber daya besar website dan blog Anda.

VPS Hostinger

Layanan cloud VPS Hostinger ditawarkan dengan harga yang sangat murah. Jika Anda mencari VPS dengan harga 50-ribu-an per bulan, maka Hostinger adalah jawabannya. Provider ini menawarkan layanan cloud VPS termurah dengan kualitas yang sudah teruji.

Berikut beberapa nilai lebih VPS Hostinger:

Spesifikasi Hardware Unggul

Pengguna akan mendapatkan garansi resources private server. Provider ini menjamin semua website klien akan selalu memiliki performa dan kecepatan terbaik. Menggunakan server dedicated processor Intel Xeon terbaru, terabyte dari SSD disk space, dan RAM 12 GB per server, siap memberikan kecepatan sangat tinggi untuk website Anda.

Harga Murah

Menawarkan biaya sewa VPS dengan harga sangat terjangkau. Hanya dengan biaya Rp 50rb-an per bulan, pengguna sudah bisa menikmati layanan VPS berkualitas dengan sumber daya yang cukup tinggi.

Control VPS yang Mudah

Pengguna dapat mengelola dan mengontrol virtual server hanya dalam beberapa klik. Private server dapat dengan mudah Anda reboot, nonaktifkan atau diaktifkan. Sistem Operasi atau web script baru pun dapat di install. Tidak hanya itu, akses root kata sandi atau jejak statistik server dan sumber daya VPS juga bisa dirubah secara real time.

Data Backup Mudah

Pengguna dapat melakukan backup dan merestore semua folder, file, dan database secara mudah dan cepat. Cloud berbasis VPS bisa di restore hanya dalam beberapa detik kapan pun pengguna ingin melakukannya. Semua data website pengguna akan tersimpan secara aman dengan dukungan teknologi cloud dan proteksi ekstra RAID.