Yuk Kenali Beberapa Gejala Penyakit Gerd Akut

  • 2 min read
  • Mar 19, 2021
Gejala Penyakit Gerd Akut

Apakah sebelumnya Anda pernah menderita dan mengalami gejala seperti mulut yang terasa sangat asam dan sensasi dada yang terbakar? Jika sudah pernah maka biasanya Anda sedang menderita penyakit asam lambung.

Gejala-gejala yang sudah muncul tadi merupakan sebagian dari gejala gerd atau penyakit asam lambung naik yang perlu segera mendapatkan penanganan yang serius jika tidak ingin menjadi penyakit yang semakin parah.

Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang mudah sekali kambuh hanya karena salah makan makanan atau minuman yang menurut beberapa penelitian bisa menjadi salah satu unsur paling utama yang menyebabkan asam lambung naik.

Jika didasarkan pada beberapa pernyataan dari pakar kesehatan yang menyebutkan jika sebenarnya penyakit asam lambung bukan merupakan penyakit yang mematikan. Hal ini dikarenakan semua orang memiliki resiko untuk terkena penyakit ini.

Akan tetapi, meski banyak yang sudah menyebutkan jika asam lambung bukan merupakan penyakit yang mematikan namun masih perlu sekali dilakukan tindakan yang cukup tepat dan cepat supaya nanti tidak terjadi masalah penyakit lain yang lebih kritis dan bisa menyebabkan kematian seperti radang pada usus dan lambung.

Ada banyak sekali pakar kesehatan yang menyebutkan jika sebenarnya supaya bisa terhindar dari penyakit ini salah satu kuncinya adalah dengan menjaga pola makan dan menerapkan hidup yang teratur dan sehat pada diri kita.

Karena memang penyakit ini mirip sekali dengan penyakit pencernaan lainnya yang tidak lain disebabkan karena kelalaian diri sendiri dan terlalu terlena dengan hal-hal yang buruk serta tidak peduli dengan kesehatan. Dan supaya lebih jelas, berikut ini adalah beberapa gejala GERD akut yang wajib diwaspadai:

  1. Perut kembung

Gejala pertama yang biasanya muncul adalah perut kembung, hal ini karena disebabkan asam lambung yang naik dan menjadikan pencernaan menjadi terganggu. Jadi karena katup yang ada di tenggorokan tidak berfungsi dengan maksimal maka tidak heran jika asam lambung mudah naik dan menyebabkan perut menjadi kembung.

Selain itu, biasanya tidak lain juga disebabkan oleh adanya enzim yang terdapat pada alat pencernaan yang jumlahnya kurang begitu banyak sehingga mudah menyebabkan perut menjadi kembung. Dan biasanya untuk gejala perut kembung ini juga disertai dengan rasa mual dan ingin muntah.

  1. Bersendawa

Apabila Anda sering mengalami sendawa maka diperlukan sikap waspada karena bisa jadi Anda sedang menderita penyakit asam lambung. Hal ini dikarenakan sering bersendawa juga merupakan salah satu gejala asam lambung naik yang sudah akut namun memang masih banyak yang menganggapnya sepele.

Padahal apabila hal ini terlalu disepelekan maka akan muncul berbagai macam kemungkinan dan gangguan kesehatan yang lebih serius. Misalnya seperti akan terjadi penyakit kronis seperti radang usus, liver sampai dengan munculnya kanker pada organ pencernaan kita.

Untuk itu, meskipun memang pada dasarnya gejala gerd yang sudah akut itu mudah sekali untuk dikenali, namun jika Anda sering mengalami masalah asam lambung naik jangan pernah anggap sepele masalah ini. karena jika sampai Anda tidak mendapatkan penanganan yang tepat maka akan muncul berbagai macam penyakit kronis yang bisa membahayakan nyawa dan keselamatan Anda.

Untuk itu mulai sekarang meski memang terkadang ada dokter yang memberikan keterangan bahwa penyakit yang Anda derita bukan penyakit kronis jangan pernah anggap sepele hal ini. karena yang namanya penyakit jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat bisa sangat mengancam keselamatan nyawa termasuk penyakit gerd yang sudah akut.